Mukisi.com-Diabetes, akhir-akhir ini menjadi momok menakutkan yang bisa menghantui siapa saja, terutama di masyarakat perkotaan. Jika seorang muslim mengikuti gaya hidup Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, niscaya ia akan sehat dan terhindar dari Diabetes.

Pola makan sehat dan olahraga sebuah rutinitas yang harus terus dipenuhi manusia. Keduanya, solusi melawan bayang-bayang Diabetes yang terus menghantui siapa saja. Islam, sejak dulu sudah mengajarkan bagaimana pola makan sehat dan olah raga.

Makan bertujuannya untuk memberi energi selama seharian beraktivitas meski beribadah kepada  Allah sekalipun. Meski demikian, makan akan menjadi bahaya tersendiri jika tak memperhatikan asupan serta pola makan yang dibutuhkan dan tidak diimbangi dengan olahraga. Bukan malah sehat yang didapat melalui makanan, namun malah terkena Diabetes.

Oleh karena itu, makan dan berolahraga harus dilakukan secara berimbang agar tak menimbulkan penyakit Diabetes.

Makanan Sehat, Syarat Jadi Sehat

Agama Islam bukan hanya agama ritual yang hanya mengatur aspek peribadatan saja, namun juga mengatur aspek-aspek yang yang mendukung bagaimana ibadah itu berlangsung dengan baik dan sempurna. Karenanya, menjaga tubuh agar tetap sehat, merupakan ajaran Islam, termasuk tentang memilih makanan. Islam mengajarkan memilih makanan yang tidak hanya halal, namun juga thoyyibah, yang punya asupan gizi tinggi.

Rasulullah pernah berkata, “Tidak ada bejana yang lebih buruk yang diisi oleh manusia melainkan perutnya sendiri. Cukuplah seseorang itu mengonsumsi beberapa kerat makanan yang dapat menegakkan tulang punggungnya. Jika terpaksa, maka ia bisa mengisi sepertiga perutnya dengan makanan, sepertiga lagi dengan minuman, dan sepertiga sisanya untuk nafas.”(HR.Ahmad dan Tirmidzi)

Hadist di atas, tentu saja menjelaskan tentang bagaimana seharusnya kita benar-benar memilah dan memilih apa yang kita masukkan  ke dalam perut kita. Islam punya perhatian khusus terhadap apa yang kita makan.

Dalam Al-Qur’an, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi.” (QS.al-Baqarah : 168).

Diabetes Mellitus menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah penyakit gangguan metabolik menahun akibat organ pankreas tidak memproduksi cukup insulin untuk menopang metabolisme dalam tubuh seseorang atau keadaan saat tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Karena hal tersebut, di dalam tubuh akan mengalami peningkatan konsentrasi glukosa dalam darah.

Seorang Nutrisionis sekaligus Dokter Ahli Gizi, dr. Samuel Oetoro pernah mengatakan “Pengidap Diabetes pantang hanya makan tiga kali. Makan 5-6 kali tapi tidak banyak. Nasi putih diganti dengan nasi merah atau hitam, karena nasi putih memiliki kandungan gula yang tinggi.”

Pola Makan Islam Cegah Diabetes

Di sisi lain, Islam telah mengajarkan perilaku makan yang sesuai dengan syari’at. Makan dalam Islam sangat memperhatikan kondisi tubuh dan tak bisa dilakukan sembarangan.

Kemudian, dijelaskan oleh seorang tenaga medis spesialisasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, dr. Ricat H. Malik dalam republika.co.id, bahwa prinsip sehat dalam Islam yaitu berhenti sebelum kenyang.

Ia mengatakan bahwa dengan prinsip tersebut dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah penyakit Diabetes Mellitus. “Ada sebuah hadits riwayat Abu Daud yang berbunyi, ‘Kita ini golongan umat yang makan karena sudah lapar dan apabila makan tidak sampai kenyang,’” kutipnya.

Oleh karenanya, Islam sangat memperhatikan pola makan untuk umatnya. Ia mengakui bahwa Hadits tersebut sangat sesuai dengan prinsip menjaga pola makan yang baik dan tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, lemak, atau minyak.

Olah Raga, Juga Solusinya

Ternyata bukan hanya asupan yang sehat untuk mencegah Diabetes dalam Islam. Olahraga juga dibutuhkan. Diterangkan lebih lanjut oleh dr. Ricat salah satu hadits yang sudah sesuai dengan prinsip pencegahan diabetes adalah himbauan untuk berolahraga.

“Ada hadits untuk berlatih berenang. Hadits itu diriwayatkan oleh Thabrani yang berbunyi, ‘Segala sesuatu selain dzikir kepada Allah adalah sia-sia kecuali empat perkara: berjalannya seseorang antara dua tujuan, melatih kudanya, mencumbu istrinya dan belajar berenang,’” terang Dokter Ricat.

Maka dari itu, Islam sudah mengajarkan pola makan dan hidup sehat sejak dahulu. Sederhana menjadi prinsip dalam Islam untuk menuntun umatNya agar menjadi pribadi yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit termasuk Diabetes. (ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here