Di kala sakit, fisik pasien sedang memerlukan istirahat. Namun ruhiyah pasien sedang membutuhkan bimbingan spiritual. Sayangnya tak seluruh rumah sakit menyadari hal ini.

Namun pasien kini tak perlu risau akan hal itu. Karena RS syariah berupaya memenuhi hak pasien untuk beribadah dengan baik dan benar. Dengan suasana agamis serta sikap petugas yang melayani dengan sepenuh hati karena Allah, sangat diharapkan semua ini memberikan kesan yang mendalam untuk meningkatkan kesalehan spiritual pasien kepada Allah Subhanahu Wa ta’ala.

Mengingatkan Waktu Shalat

Petugas medis di RS syariah tak hanya merawat pasien yang membutuhkan tindakan medis, tetapi juga berusaha agar pasien tak lalai dalam hal ibadah. Oleh karenanya, pasien di RS syariah senantiasa diingatkan ketika waktu shalat tiba. Juga terdapat petugas yang siap sedia memberikan bantuan bimbingan shalat untuk pasien yang hendak shalat dalam keadaan berbaring.

Pendampingan Tayamum Pasien

Ketika sakit, ada beberapa hal yang dibolehkan bagi pasien untuk bersuci dengan cara tayamum. Ini merupakan bentuk keringanan yang diberikan Allah terhadap hamba-Nya. Namun tak semua pasien memahami betul tata cara tayamum. Oleh karenanya, RS syariah menyediakan tayamum pad untuk memudahkan pasien memperoleh debu dalam bersuci. Tayamum pad adalah seperangkat alat untuk melakukan tayamum. Berbentuk kotak dengan bantalan (pad) yang ditaburi bubuk pasir sebagai sarana untuk bertayamum. Kandungan pasir yang digunakan berasal dari tanah bertekstur lembut yang diperoleh dari homeindustri binaan RS Syariah. Proses pengolaan pasir pada tayamum pad dengan cara mengambil tanah dengan kedalaman lubang 1 meter, kemudian tanah dikeringkan dengan cara dijemur. Tanah yang dipilih juga harus lembut agar ramah di kulit terutama ketika mengusap bagian wajah. Ikhwal bimbingan melakukan tayamum dengan benar juga dilakukan oleh RS syariah. Sehingga pasien tak perlu risau akan tata cara tayamum.

Bimbingan Dzikir untuk Memulihkan Spiritual Pasien

Tak hanya bimbingan shalat dan tayamum. RS syariah juga memberikan bimbingan kepada pasien untuk berdzikir serta pelayanan ruqyah syar’iyyah. Hal tersebut karena pengobatan dalam Islam tidak hanya melalui medis saja namun bisa juga melalui non medis, seperti ruqyah syar’iyyah. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here