I. Latar Belakang
Pertemuan Konferensi FIMA XXXII ini merupakan tindak-lanjut dari hasil the 31st FIMA Council Meeting yang diadakan di Tanzania. Dalam pertemuan tersebut, disepakati bahwa Annual Meeting tahun 2015 akan dilaksanakan di Makassar. Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) diberi kepercayaan bersama dengan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan yang lain dan Rumah Sakit Islam yang ada di Makassar untuk menjadi penyelenggara pertemuan ini. Rakernas MUKISI merupakan hasil ketetapan Rakernas MUKISI VII di Jakarta yang menetapkan MUKISI Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah Rakernas VIII pada tahun 2015.
Pertemuan FIMA dan MUKISI mencakup pertemuan organisasi dan pertemuan ilmiah. Pertemuan organisasi FIMA meliputi Executive Committee Meeting, Council Meeting, pertemuan CIMCO-FOKI dan pertemuan IHC-MUKISI. Pertemuan organisasi MUKISI adalah rapat kerja nasional ke-8 tahun 2015. Pertemuan ilmiah meliputi kegiatan ilmiah dalam bidang ilmu kedokteran, manajemen rumah-sakit, pendidikan kedokteran dan tenaga kesehatan lainnya serta asuransi kesehatan.
Tema untuk pertemuan ilmiah ini adalah tentang Healthy Life Style and Disease, Hospital Management dan Health Insurance. Pemilihan tema tersebut didasarkan pada isu-isu yang berkembang di masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional sesuai dengan komitmen terhadap MDGs maupun penyakit-penyakit degeratif.
Di samping kegiatan pertemuan tersebut di atas, akan dilaksanakan pula kunjungan ke Rumah Sakit Islam dan Fakultas Kedokteran Islam yang ada di Makassar, pameran (expo), tur dan ladies program.
II. Tujuan Kegiatan
Tujuan dari pertemuan ini adalah:
1. Untuk mengevaluasi program kerja organisasi dan merumuskan kebijakan-kebijakan organisasi.
2. Untuk meningkatkan wawasan dan berbagi pengalaman tentang isu-isu terkini di bidang kesehatan.

3. Untuk mengenalkan profil dan produk kedokteran dan kesehatan baik dalam lingkup penyelenggara pendidikan kesehatan maupun sarana layanan kesehatan.
III. Target Luaran
1. Tersusunnya hasil evaluasi program kerja dan rumusan kebijakan-kebijakan organisasi.
2. Adanya peningkatan wawasan tentang isu-isu kesehatan yang mutakhir.
IV. Mekanisme Pelaksanaan
Pertemuan ini direncanakan berlangsung dari tanggal 11 – 16 Agustus 2015 di Hotel Clarion, Jl. A.P.Pettarani No.3, Makassar, Sulawesi-Selatan, 90222 yang akan dilaksanakan dalam beberapa kegiatan utama, yaitu:
A. Pertemuan Organisasi
a. Pertemuan FIMA terdiri atas:
– Executive Committee Meeting
– Council Meeting
– Pertemuan CIMCO-FOKI
– Pertemuan IHC-MUKISI.
b. Pertemuan MUKISI yaitu rapat kerja nasional ke-8
B. Pertemuan Ilmiah
Pertemuan ilmiah yaitu presentasi ilmiah berupa keynote speaker dan presentasi oral serta poster dalam bentuk seminar dan simposium yang dilaksanakan dalam sidang pleno dan sidang paralel.
Narasumber pertemuan ilmiah:
1. Pengurus FIMA yang akan mengikuti Executive Meeting dan diberikan judul yang sesuai dengan latar-belakang keahlian masing-masing.
2. Birokrat, Pengurus FOKI dan MUKISI.
3. Para profesional kedokteran dan kesehatan.
Peserta pertemuan ilmiah:
1. Para profesional di bidang kesehatan, baik yang berkecimpung di bidang layanan kesehatan, pendidikan maupun penelitian.
2. Masyarakat umum yang tertarik dengan topik bahasan dalam pertemuan ilmiah.
C. Medical Program Student (MSP) yaitu pertemuan antara mahasiswa kedokteran Islam dalam bentuk kegiatan Pesantren, tadabur alam, out bond dan   Studium generale.

D. Pameran (expo) berupa pameran profil dan produk kedokteran dan kesehatan baik dalam lingkup pendidikan maupun sarana layanan kesehatan.
E. Kunjungan ke rumah sakit dan institusi pendidikan kedokteran Islam.
F. Kegiatan tur yang terdiri dari free tour dan extra charged for optional tour.
G. Ladies program yaitu kegiatan bagi ibu-ibu pendamping peserta.
V. Peserta
1. Seluruh delegasi FK anggota FOKI: Dekan dan para Wakil Dekan serta para pengambil kebijakan di institusi pendidikan kedokteran universitas Islam.
2. Seluruh delegasi anggota MUKISI: Direktur dan para Wakil Direktur serta para pengambil kebijakan di Institusi Pendidikan dan Kesehatan yang tergabung dalam MUKISI.
3. Mahasiswa Fakultas Kedokteran seluruh Indonesia baik anggota FOKI dan CIMCO maupun FK Negri yang berminat
4. Para profesional di bidang kesehatan, baik yang berkecimpung di bidang layanan kesehatan, pendidikan maupun penelitian.
5. Observer dan Tamu Undangan serta Simpatisan dari Asosiasi Institusi Pendidikan dan Kesehatan Lainnya. Informasi selanjutnya bisa di unduh di menu Download http://mukisi.com/index.php/download

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here