Mukisi.com-Sistem Jaminan Halal (SJH) dan sertifikasi halal untuk Instalasi Gizi merupakan salah satu elemen penilian dalam standar sertifikasi bagi Rumah Sakit (RS) Syariah. Hal ini bertujuan untuk menjadikan pasien aman dan nyaman ketika mengonsumsi makanan di RS.

SJH sendiri adalah suatu sistem manajemen yang disusun, diterapkan dan dipelihara oleh instasi atau perusahaan pemegang sertifikat halal untuk menjaga kesinambungan proses produksi halal sesuai dengan ketentuan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Di dalam sertifikasi halal tersebut harus menerapkan 11 kriteria SJH yang sesuai dengan kehalalan produk gizi tersebut.

“Karena dalam sertifikasi halal perusahaan hrs menerapkan 11 kriteria SJH yang menjamin kehalalan, kethayyiban produk dan kualitas keamanan produk yang berorientasi pada keamanan makanan untuk pasien,” ungkap Kepala Instalasi Gizi, Harini Diestiana, S.Gz,Rd di Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung, Semarang.

Salah satu RS yang telah memperoleh sertifikasi halal dari LPPOM MUI adalah RSI Sultan Agung, Semarang. “Di Instalasi Gizi, kami melayani Asuhan Gizi untuk pasien rawat inap, konsultasi ahli gizi untuk rawat jalan, konseling gizi untuk posyandu balita dan lansia serta konseling gizi untuk komunitas jantung dan diabetes,” paparnya.

Selain itu, RSI Sultan Agung juga melakukan penelitian dan pengembangan gizi dan hasil dari penelitian tersebut sudah dua kali masuk sebagai finalis lomba PERSI (Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) Award dan finalis MUKISI (Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia) Award.

Persiapan yang dijalani RSI Sultan Agung dalam sertifikasi Gizi Halal mengacu pada 11 kriteria SJH. “Seluruh elemen di RS harus terpapar terkait sistem jaminan halal, termasuk stakeholders, staf dan pihak yang terkait seperti supplier agar pengelolahan sistem jaminan halal senantiasa berjalan, terkelola dan berkesinambungan.” Jelas Rini

Untuk mengetahui lebih dalam tentang Sertifikasi Gizi Halal, Mukisi cabang Yogyakarta akan mengadakan Seminar dan Workshop Nasional bertajuk Peluang dan Tantangan Pelayanan Kesehatan Syariah. Bertempat di Rumah Sakit Universitas Islam Indonesia pada tanggal 7-8 September 2019.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak berikut:

Hanan
0813-2824-9676

Icha
0813-2621-5217

Rizqo
0852-2811-6903

Hakim
0812-1265-6009

Selamat mengikuti, semoga gizi halal menjadi trend di seluruh RS karena hakekatnya gizi halal juga sejalan dengan penjaminan mutu makan dan pasien atau konsumen makin menyadari bahwa makanan halal yang dikonsumsi akan menjadikannya sebagai ikhtiar mengaharapkan ridho Allah subhanahu wa ta’ala dalam memberikan kesembuhan. (Gth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here