Mukisi.com-Minyak zaitun atau yang dikenal dengan Olive Oil merupakan salah satu pengobatan yang dianjurkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam karena mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Zaitun sudah digunakan sejak zaman dahulu dengan berbagai cara. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pun banyak menggunakan zaitun dalam berbagai pengobatan. Terlebih manfaat zaitun dijelaskan dalam Alquran Surat At-Tin.

Demi tin dan zaitun. Dan demi bukit Sinai Dan demi kota (Mekah) ini yang aman. Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” Surat At-Tin (95:1-4)

Menurut Tirmidzi dan Ibnu Majah, Sayyid Al-Ansari meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam berkata, “Makanlah minyak zaitun dan pijatlah di atas tubuh Anda karena ini adalah pohon suci (mubarak).”

Sedangkan, Abu Na’im melaporkan bahwa Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menyatakan, “Makanlah minyak zaitun dan aplikasikan (secara lokal), karena ada obat untuk tujuh puluh penyakit di dalamnya, dan salah satunya adalah kusta.”

Ibnul Qayyim dalam kitab Zadul Ma’ad berkata, “Minyak Zaitun bisa menutup pori-pori tubuh dan mencegah zat yang masuk melaluinya. Jika digunakan setelah mandi air panas, minyak zaitun akan memperbaiki dan melembabkan badan. Jika digunakan sebagai minyak rambut, akan menjadikan rambut indah dan panjang. Minyak Zaitun juga berkhasiat untuk mengobati campak dan berbagai penyakit lainnya.”

Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak alami yang diekstraksi dari buah zaitun. Sekitar 24 persen minyak zaitun terdiri dari lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3. Namun asam lemak terbanyak di dalam minyak zaitun adalah asam oleat yang sangat sehat. Asam oleat diyakini dapat membantu mengurangi peradangan.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika mengkonsumsi minyak zaitun, di antaranya mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke terutama bagi kalangan lanjut usia.

Selain itu juga berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Misalnya kanker, penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan bahkan obesitas. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh seperti, vitamin E dan polifenol.

Manfaat lain yang ada di minyak zaitun adalah mengurangi risiko terjadinya penyumbatan dan penebalan pembuluh darah, menurunkan angka kematian, mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi timbulnya tukak lambung, mengurangi peradangan sendi dan mampu membunuh kutu kepala.

Masih banyak lagi manfaat dari minyak zaitun, sehingga setiap orang dianjurkan untuk mengkonsumsinya karena sesuai pula dengan anjuran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.(Gth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here