Mukisi.com-Berbagai pengobatan yang disunahkah atau sesuai dengan anjuran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam rupanya masih relevan hingga saat ini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi Habbatussauda atau jintan hitam.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang ada pada hadis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yakni;”Sesungguhnya di dalam habbatus sauda (jinten hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit kecuali kematian” (Hadis Riwayat. Al Bukhari)

Hadis tersebut merupakan hadis shohih yang dipercaya (hampir) seluruh umat Muslim, dan bahkan kini sudah banyak kalangan peneliti luar negeri yang meneliti tentang hadis tersebut terkait khasiat yang ada pada habbatussauda (jintan hitam).

Terapis pengobatan cara Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam atau disebut Thibbun Nabawi, Warsono mengatakan bahwa sekarang semakin banyak masyarakat yang beralih pada pengobatan Islami.

“Motivasi masyarakat memilih Thibun Nabawi jelas karena ini adalah pengobatan cara nabi, mereka yakin untuk mengikuti sunah nabi, selain diniatkan karena Allah SWT untuk kesembuhan juga mengharap ridho dan pahala,” ungkapnya dikutip dari Republika.co.id.

Jintan hitam memiliki banyak manfaat, antara lain dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Selain itu juga dapat dijadikan obat untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh, seperti kanker dan AIDS. Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linoleat (omega 3).

Lebih lanjut warsono menjelaskan, bahwa Habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda juga memperbaiki peredaran darah ke otak dan sangat cocok diberikan kepada anak usia pertumbuhan dan orang lanjut usia (lansia).

Pada masa pertumbuhan, anak membutuhkan nutrusi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak sangat mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatussauda merupakan nutrisi untuk memperbaiki daya tahan tubuh anak juga perkembangan jaringan otak.

Selain itu, Habbatussauda juga sangat baik bagi kinerja hormon. Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan Habbatussauda adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon. kandungan saponion yang terdapat di dalam habbatussauda dapat menetralkan dan membersihkan racun di dalam tubuh.

Masih banyak sekali manfaat atau khasiat yang ada pada Habbatussauda. Saat ini Indonesia mengimpor Habbatussauda atau Jintan Hitam dari Afrika, Mesir dan India. Produk-produk Habbatussauda kini sudah mudah didapat di tempat pengobatan Thibun Nabawi.(Gth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here