Mukisi.com-Peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat harus sesuai dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman saat ini, agar masyarakat tak perlu khawatir. Sayangnya, masih ada beberapa instansi kesehatan yang kurang memperhatikan beberapa hal.

Untuk itu rumah sakit perlu memperbaiki hal ini dan memberikan pelayan prima bagi pengunjungnya. Pelayanan prima merupakan pelayanan terbaik yang diberikan oleh dokter ataupun karyawan rumah sakit untuk memenuhi harapan pengguna jasa rumah sakit.

Harapan tersebut pun dapat ditentukan oleh pengalaman dari jasa atau produk yang sudah pernah digunakan, informasi layanan yang diterima dari berbagai sumber dan faktor internal dari penggunaan jasa rumah sakit itu sendiri.

Mengutip dari Bisnis.com, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Jusuf Kalla memaparkan bahwa rumah sakit harus memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat dengan memenuhi tiga indikator.

“Rumah sakit itu baik atau tidak dalam memberikan pelayanan ditentukan tiga indikator yakni memiliki dokter dengan keahliannya, ditunjang teknologi kedokteran dan memiliki hospitality (keramahtamahan),” ujarnya

Analisis Kebijakan Madya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Syarifudin juga menegaskan bahwa pelayanan publik khususnya pada rumah sakit harus terus dievaluasi agar membangun kepercayaan publik.

Oleh karena itu, untuk menyamakan standar pelayanan prima rumah sakit, orang-orang yang bekerja di rumah sakit harus bekerja sesuai dengan standarnya karena tujuan dari rumah sakit adalah memberikan pelayanan terbaik sehingga mencegah setiap orang berobat ke luar negeri atau memberi alternatif yang lebih mudah untuk dijangkau.

Pelayanan Prima pun senantiasa diterapkkan agar dapat menimbulkan kepercayaan serta kepuasan pada pelanggan, dan juga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan. 

Pelayanan Prima sebagaimana yang sudah dimaksud sesuai keputusan Menpan No. 81/1993 yaitu harus adanya kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisien, ekonomis, keadilan yang merata serta ketepatan waktu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro, dalam radar pekalongan menggungkapkan bahwa Dinas Kesehatan (Dinkes) terus menerus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di semua lini. “Kami terus mencoba memperbaiki di semua lini dengan diikutkan akreditasi. Harapannya berstandar semua,” ungkapnya.

Namun jika melihat dari tahun-tahun sebelumnya, pelayanan kesehatan saat ini sudah semakin baik. Sarana dan prasarana kesehatan kualitasnya juga meningkatkan. Sehingga pelayanan kesehatan semestinya juga semakin membaik.

 “Selain bekerja sesuai dengan tupoksi, pelayanan kesehatan juga harus dilakukan dengan senyuman dan ramah. Orang perorang memang masih ada yang dinilai belum ramah, sehingga akhirnya kerap digeneralisir. Kami akan terus melakukan perbaikan, di antaranya mungkin dengan pelatihan kepribadian. Petugas harus tetap senyum dan ramah meskipun ada masalah pribadi di rumah atau ada tekanan kerja di kantor. Jangan sampai terbawa saat bekerja melayani masyarakat,” tandasnya.(Gth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here