Mukisi.com-Rumah Sakit (RS) Ridhoka Salma jalani pra-survei pada Selasa (9/7). RS tersebut memutuskan memilih sertifikasi syariah karena dinilai sesuai dengan visi dan misi RS, yakni menjadikan Rumah Sakit Ridhoka Salma sebagai Rumah Sakit Islam (RSI) yang menjadi pilihan utama masyarakat Bekasi dengan pelayanan penuh amanah, islami dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Dalam serangkaian acara pra-survei, delegasi dari Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) yang hadir sebagai asesor adalah dr Ni’matullah Mansur, MARS, dan dr Yahmin Setiawan, MARS. Para asesor tersebut menilai bahwa RS Ridhoka Salma cukup potensial menjadi RS Syariah.

Persiapan yang telah disiapkan oleh segenap pihak RS adalah mulai dari pengisian atau pemenuhan self-assessment dari standar dan elemen yang diminta oleh pihak pra-survei, baik regulasi maupun pelatihan, juga melengkapi sarana atau prasarana serta melakukan studi banding RS Syariah.

Dokter Aman Mashuri, MARS, selaku Direktur RS Ridhoka Salma Bekasi menyebutkan ada tantangan yang muncul ketika mempersiapkan sertifikasi syariah tersebut. “Tantangannya adalah pembuatan dokumen dan penerapan implementasi yang menyeluruh ke semua staf terutama tentang mandatory training tentang fikih” jelasnya.

Dari hasil pra survey, RS Ridhoka Salma Bekasi cukup baik, namun untuk menuju RS Syariah, RS harus memenuhi beberapa temuan dari penilaian asesor.

“Temuan tersebut adalah melengkapi atau merevisi regulasi, dan melatih semua karyawan tentang mandatory training fikih” imbuhnya

Langkah selanjutnya dari RS Ridhoka Salma Bekasi, adalah self-assessment ulang, dan penerapan regulasi dalam pelayanan secara terus menerus dan disupervisi oleh masing-masing atasannya. Hal itu dilakukan agar kedepannya tidak ada kekurangan lagi sewaktu menjalani survei yang dihadiri oleh pihak Mukisi serta Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

Selain itu, RS yang berdiri sejak 2007 ini juga menyempurnakan temuan dengan memiliki Komite Syariah sebagai salah satu syarat RS Syariah. Komite Syariah tersebut sudah ada dan mulai bekerja sesuai peran dan tanggungjawabnya.

Proses sertifikasi syariah RS Ridhoka Salma berlangsung sejak 30 Maret 2019, dengan dimulai dari pengajuan pendampingan dengan Mukisi dan melakukan studi banding RS Syariah ke RSI Sari Asih Serang. Hingga kini melakukan tahap pra-survei. Dan harapan kedepannya agar segera mendapat survei sertifikasi RS Syariah.

“Target sertifikasi Insya Allah awal September 2019, semoga terlaksana dengan lancar.” Ungkap dr. Aman.(Gth)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here