Mukisi.com-Ramadan segera berakhir. Hari kemenangan pun akan segera tiba. Menjelang lebaran, sebagian masyarakat pun akan turut meramaikan tradisi mudik. Agar performa tetap prima saat bertemu sanak saudara, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Saat mudik masalah yang seringkali menimpa mereka adalah kelelahan selama perjalanan. Biasanya, ini terjadi karena kurangnya persiapan saat mudik, apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Karena itu, tidak ada salahnya mempersiapkan diri agar selamat dan sehat saat perjalanan mudik nanti.

Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K)., MARS., DTM&H., DTCE, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia membagikan tips sehat dan selamat yang bisa dilakukan pemudik, seperti dirangkum dalam CNN Indonesia.

“Sebagian seakan-akan bukan tentang kesehatan, tetapi berdasarkan pengamatan kami, maka persiapan-persiapan non kesehatan ternyata berpengaruh besar terhadap kejadian gangguan kesehatan. Dan juga kecelakaan lalu lintas yang punya dampak penyakit, cedera, bahkan kematian,” ungkapnya.

Persiapkan Kendaraan

Menurutnya, sebelum mudik, kendaraan pemudik harus dipersiapkan terlebih dahulu. Lakukan servis kendaraan setidaknya beberapa hari sebelum mudik. Gantilah beberapa bagian yang memang sudah waktunya untuk diganti.

“Bengkel servis kendaraan menjelang mudik biasanya dipenuhi antrean kendaraan yang akan servis. Karena itu lakukan perawatan dan servis jauh hari sebelumnya,” sarannya.

Tempat Menginap, Pos Kesehatan dan Rumah Makan

Jika Anda menempuh perjalanan yang amat jauh, usahakan pemudik dapat bermalam di sebuah penginapan. Ada baiknya, pemudik menentukan di kota mana akan berhenti untuk menginap agar dapat memesan kamar di penginapan.

“Pastikan juga pemudik tahu alamat pos pelayanan kesehatan dan rumah makan, di sepanjang jalur mudik yang akan dilewati,” tambah Tjandra.

Obat-Obatan Keluarga

Hal berikutnya yang harus juga dipersiapkan adalah bekal obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga. Yang umumnya dipersiapkan antara lain, minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, dan obat-obatan anak.

Jangan lupa membawa kantung muntah bila ada anggota keluarga yang mabuk perjalanan. Kemudian, juga jangan mengonsumsi obat yang menimbulkan rasa kantuk, jangan konsumsi alkohol, apalagi narkoba dalam bentuk apapun. “Pemudik dapat berkonsultasi mengenai hal ini pada dokter keluarga,” ujarnya.

Makanan dan Minuman

Saat mudik, sebagian orang seringkali meremehkan pentingnya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Tidak ada salahnya untuk membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan, jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Dalam memilih makanan, hindari makan makanan yang asam ataupun terlalu pedas untuk menghindari gangguan pencernaan selama perjalanan.

“Makan tepat waktu, jangan menunda waktu makan. Jangan makan berlebihan dalam sekali makan. Minum air putih yang cukup selama perjalanan. Jika perlu, konsumsilah multivitamin,” lanjutnya.

Persiapkan Fisik dan Mental

Mempersiapkan fisik dan mental untuk perjalanan mudik juga penting. Karena, kebanyakan pemudik akan tidak sabaran ketika bertemu dengan kemacetan di tengah perjalanan mudik. “Jaga kesehatan, karena itu yang penting. Selain itu, banyaknya orang mudik mengakibatkan perjalanan jadi macet yang kadang membuat pemudik tidak dapat mengontrol emosi karena kecapekan,” pungkas Kepala Balitbangkes Kemenkes RI itu.

Tips di atas dapat dilakukan bagi Anda yang akan mudik. Selain kesehatan, hal-hal di atas juga penting dipersiapkan. Agar mudik selamat dan sehat, dan momen lebaran ini menjadi momen kemenangan bagi kita semua.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here