Mukisi.com-Ilmu berdiet datang seperti permata di tengah-tengah manusia yang jengah melihat jarum timbangannya yang kian naik. Karenanya, orang-orang berbondong-bondong untuk mengurangi jarum timbangannya yang kian naik dengan berdiet.

Diet seolah menjadi jalan satu-satunya bagi mereka yang bosan melihat jarum timbangan yang merangkak naik. Anggapan mereka, dengan berdiet pasti akan menurunkan jarum timbangannya. Karena, mereka membatasi kebiasaan makan untuk mencapai hal tersebut.

Sementara itu dijelaskan oleh dr. Arti Indira seorang dokter spesialis ahli gizi menerangkan bahwa diet dengan membatasi makan sebenarnya adalah cara yang kurang tepat. Oleh karenanya, sebelum menjalankan program diet harus paham dulu arti dari diet.

Diet berasal dari bahasa Yunani yang artinya cara hidup. Oleh karenanya, diet yang baik sebenarnya adalah yang bisa menjadi cara hidup sehari-hari.

Kemudian, diambil dari artian tersebut dimana diet menjadi cara hidup sehari-hari. Seorang muslim yang baik tentu sudah diajarkan cara hidup mereka oleh Al Quran, pun dalam hal diet.

Diet bukanlah menjadi suatu hal yang dilarang oleh Islam. Karena, dengan diet seorang muslim akan meningkat kesehatannya dan menjadi seorang mukmin yang kuat seperti disebutkan dalam salah satu hadits yang telah shahih.

Sementara itu, berdiet yang sesuai dalam Al Quran memiliki dua poin penting. Dua poin penting tersebut adalah sebagai berikut.

Konsumsi Makanan yang Halal lagi Baik

Seorang mukmin harus benar-benar memperhatikan kesehariannya. Karena, Al Quran menjadi pedoman keseharian hidup seorang mukmin. Terutama dalam memilih makanan untuk menjadi asupan sehari-hari. Harus dipastikan halal dari sumbernya hingga kandungannya. Al Quran sudah mengungkap ini dalam surat Al Baqarah:168 yang berbunyi,

“Wahai manusia, kalian makanlah yang halal lagi baik dari apa yang ada di bumi. Dan kalian janganlah mengikuti langkah-langkah Syetan. Sesungguhnya, Syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Makan Secukupnya, Jangan Berlebihan

Selain memilih makanan yang halal lagi baik. Makan dan minum secukupnya juga menjadi poin penting untuk berdiet menurut Al Quran. Beberapa literasi kesehatan mengatakn makan yang baik adalah sebelum merasa lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dengan begitu, pola makan dapat terjaga dan tidak berlebih-lebihan.

Poin penting ini juga didasarkan pada firman Allah dalam surat Al A’raf:31 yang berbunyi,

“Hai, anak Adam. Pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

Maka dari itu, seorang muslim pastilah mengikuti Al Quran sebagai tuntunan keseharian hidupnya. Pun dalam hal diet, bagaimana seorang muslim berdiet sudah difirmankan oleh Allah subhanahu wa ta’ala sejak dahulu sebagaimana dalam dua ayat Al Quran di atas. Karena, dengan begitu seorang muslim dapat memiliki tubuh yang kuat untuk bertahan di segala kondisi termasuk saat beribadah, sebuah momen sakral untuk memperkuat ikatan antara manusia dengan Allah. (ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here