Mukisi.com-Kemacetan di jalanan akan membuat beberapa orang menjadi tidak sabaran. Apalagi, ketika macet terjadi di titik-titik tertentu, sebut saja titik itu rumah sakit. Tempat-tempat vital seperti RS akan banyak kendaraan keluar masuk dari dan ke RS. Karenanya, bagi pengendara kendaraan bermotor selain belajar tentang lalu lintas juga perlu belajar etika berkendara di area RS.

Ketika berpapasan dengan ambulan, ada baiknya sebagai pengendara, kita member jalan bagi ambulan. Ini sudah sepatutnya dimengerti oleh pengguna jalan. Sudah sewajarnya kita mengalah dan memberi jalan untuk ambulan tersebut lewat.

Kita harus lebih memahami bahwa bagi pasien, waktu adalah hal yang penting dikejar. Karenanya, ketika ambulan menikung untuk masuk ke RS, usahakan untuk mengalah. Sebab, bisa jadi pasien yang ada di dalam ambulan butuh penanganan yang segera.

Melansir dari halaman liputan6, ada beberapa etika yang sebaiknya dimengerti oleh pengendara ketika melewati area RS. Berikut ulasannya.

Beri Jalan untuk Ambulan

Ketika ambulan lewat, mereka pasti membawa pasien-pasien yang membutuhkan penanganan darurat. Apalagi, jika sirine ambulan terdengar maka menepilah. Pengendara perlu memahami bahwa pasien yang dibawa oleh ambulan dan membunyikan sirine benar-benar membutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin.

Hindari Perilaku yang Sebabkan Macet

Saat berkendara di sekitar area RS, hindarilah perilaku-perilaku yang menyebabkan macet. Misalnya, melawan arah, menyalip tanpa melihat rambu, memotong jalan, dan lain-lain. Hal-hal tersebut akan membuat keadaan jalan semakin mengalami kemacetan. Jika macet terjadi di sekitar area RS, tentu akan menghambat mobilitas jalan bagi ambulan yang hendak mengantar pasien ke dalam RS atau keluar RS.

Tetap Taati Rambu yang Berlaku

Di area RS akan banyak ditemui rambu-rambu khusus. Rambu-rambu tersebut biasanya meliputi larangan parkir atau berhenti sembarangan, rambu batas kecepatan, rambu dilarang membunyikan klakson, dan rambu larangan lain yang dapat mengganggu pasien RS.

Sebagai pengendara, memperhatikan rambu-rambu sudah menjadi peraturan wajib. Karenanya, rambu-rambu harus dipenuhi dan jangan sampai dilanggar.

Kurangi Kecepatan

Ada tidak adanya rambu, mengurangi kecepatan saat melewati area RS sangat penting. Ini akan menandakan bahwa kita adalah pengendara yang taat lalu lintas. Ketika melihat rambu batas kecepatan, segeralah kurangi kecepatan kendaraan Anda sesuai dengan anjuran rambu tersebut. Jika kecepatan sudah disesuaikan, kemudian berkendaralah di lajur kiri.

Jangan Bunyikan Klakson

Klakson seringkali mengganggu pengendara lain ketika dibunyikan. Ketika melintasi area RS pun demikian, suara-suara yang memekakkan telinga seperti klakson dapat mengganggu pasien-pasien di dalam RS. Biasanya akan dipasang rambu-rambu yang menandakan untuk tidak membunyikan klakson kendaraan di sekitar RS. Jika melihat rambu tersebut, ada baiknya kita taati agar menjadi pengendara yang paham rambu lalu lintas.

Lingkungan RS menjadi tempat vital yang perlu dijaga bersama. Bukan hanya petugas RS yang menjaga tempat itu, namun juga orang-orang di sekitarnya termasuk pengendara. Hal ini sebagai bukti bahwa kita, sebagai pengendara adalah orang-orang yang taat aturan dan paham etika.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here