Mukisi.com- Setelah terakreditasi syariah, RS Pelni Jakarta kembali meluncurkan inovasi baru. Inovasinya yakni, menyediakan fasilitas layanan pembuatan akta kelahiran bagi orangtua yang melahirkan di dalam RS. Dengan adanya inovasi ini, pasien yang melakukan persalinan pun semakin dimudahkan.

Menyambut kehadiran sang buah hati adalah momen paling membahagiakan bagi orangtua. Sepulang dari persalinan di RS, orangtua tidak hanya membawa bayi, tapi sudah harus membereskan administrasi kependudukan warga baru. Alasan inilah yang mendasari RS Pelni Jakarta membuat inovasi ini.

Dalam penyediaan layanan ini, RS Pelni telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penandatanganan ini dilakukan pada Rabu lalu (8/5) dihadiri oleh  Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, Sp.B., Sp.BTKV (K)., MPH, Direktur Utama RS Pelni Jakarta, dan Dhany Sukma, S.Sos., MAP, Kepala Dinas Pencatatan Sipil Kota DKI Jakarta.

Dalam kesempatan itu pula, Dhany juga mengapresiasi langkah RS Pelni Jakarta ini. Mereka terus mengembangkan inovasi-inovasi yang mempermudah pasien, dan memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat.

“Kerjasama ini sebagai wujud peningkatan pelayanan terhadap warga DKI Jakarta. Melalui inovasi ini, RS Pelni berharap dapat merespon kebutuhan keluarga yang baru saja menyambut kehadiran bayinya,” tutur Kepala Dinas Pencatatan Sipil Kota DKI Jakarta itu.

Kemudian, disampaikan oleh Direktur Utama RS Pelni Jakarta dalam indopos.co.id, bahwa layanan ini bertujuan untuk memberi kemudahan bagi keluarga yang baru saja menyambut kehadiran sang buah hati di RS Pelni.

Layanan ini memungkinkan bayi mendapat akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), hingga kartu keluarga saat keluar dari RS Pelni. Dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan pun tidak banyak, dan prosedurnya juga cukup mudah.

“Bagi orangtua yang ingin menikmati layanan baru RS harus menyiapkan beberapa persyaratan, di antaranya salinan KTP orangtua (domisili Jakarta), siapkan nama bayi, salinan KTP dua saksi dari keluarga, salinan KK dan surat nikah lengkap,” ujar dokter Fathema.

Dengan mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut, orangtua dan bayi akan mendapatkan kelengkapan administrasi berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) bayi, KK baru, Akta Kelahiran, Kartu BPJS Bayi (khusus orangtua dengan BPJS PBI) serta Kartu Identitas Anak.

Kini, para orangtua yang melakukan persalinan di RS Pelni Jakarta semakin dimudahkan. Selain terjamin standarnya karena terakreditasi KARS dan syariah, mereka dapat langsung mengurus kependudukan baru bayinya.

Hal ini menjadi bukti bahwa menjadi RS Syariah tidak akan membuat suatu RS berhenti berinovasi. Justru, dengan inilah RS akan semakin terpacu untuk terus berinovasi dan menjadi yang terbaik.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here