Mukisi.com-Mukmin sejati selalu mencinta Al-Quran sebagai kalamullah. Selain menuai pahala, mukmin yang mencintai Al Quran dapat menuai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Kita bisa mencintai Alquran kalau kita mengenal Alquran seperti peran Alquran bagi seorang Muslim, memahami isinya, dan lain-lain. Ada pepatah: tak kenal maka tak sayang. Sebagaimana yang dikatakan oleh Faizah Ali Sibromailisi, Dewan Pakar Pusat Studi Alquran, melalui laman Detik.

Muslim yang dekat dengan Al Quran, memiliki spiritualitas lebih baik, terhindar dari stress dan perasaan gelisah.Studi pernah dilakukan oleh Dr. Andri Abdurochman, S.Si., M.T, dosen Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad.

Dilansir dari laman resmi unpad, ia melakukan sebuah penelitian berjudul “Suara Bacaan Al-Quran Miliki Efek Relaksasi Terbaik Turunkan Stres”

“Penelitian menunjukkan, suara bacaan Al-Quran memiliki tingkat relaksasi paling baik dibanding musik klasik atau musik relaksasi lainnya,” ungkapnya.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian tahun 2010 yang dilakukannya terhadap beberapa naracoba anak-anak dan remaja usia sekolah (SD, SMP dan SMA) dari sebuah Yayasan di Desa Ciluncat, Kecamatan Cangkuang. Untuk beberapa waktu, anak-anak ini diberikan musik yang bisa meningkatkan stres. Dr. Andri pun melakukan perekaman otak si anak untuk mengetahui bagaimana frekuensi gelombang otak yang ditimbulkan dari musik pembangkit stres itu.

Kemudian sang anak diberikan terapi mendengarkan bacaan Al-Quran selama tiga bulan, kemudian diperdengarkan kembali musik yang bisa meningkatkan stres. Hasilnya menunjukkan, daya tahan anak terhadap stres pada kesempatan kedua jauh lebih kuat daripada pada saat pemberian musik yang pertama jika dilihat dari rekaman gelombang otaknya.

“Anak yang sudah didengarkan suara bacaan (terapi) Al-Quran akan jauh lebih tenang dan lebih tahan terhadap stres,” simpulnya. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here