Mukisi.com-Membaca sekaligus menghafal Alquran memiliki syafaat yang tidak terduga. Salah satunya dapat membantu produktivitas kerja. Di RS Syariah penerapan karyawan yang menghafal Alquran terbukti memberi keuntungan. Para karyawan dapat mengimplementasikan nilai-nilai syariah dengan baik.

Upaya ini telah dilakukan oleh RSI Sultan Agung Semarang, RS pertama di Indonesia yang telah tersertifikasi secara syariah. Hal ini Mereka lakukan demi memperbanyak generasi penghafal Alquran di lingkungan kerja. Mereka wujudkan ini melalui program khusus milik RS “Rumah Tahfidz Darusy Syifa”.

Sejak peluncurannya tanggal 27 Oktober 2018 lalu, rumah tahfidz ini telah meluluskan angkatan ke-6 para Hafidz Alquran dari lingkungan internal RS. “Mulai dari karyawan serta tenaga medis seperti dokter maupun perawat,” ungkap Direktur RSI Sultan Agung Semarang, dr. H. Masyhudi AM, M.Kes.

Rumah tahfidz ini memiliki ustadz dan ustadzah yang full 24 jam dapat mendampingi karyawan, dalam proses bimbingan atau ‘setoran’ juz Alquran. Dokter Masyhudi pun turut mengapresiasi semangat para karyawan di lingkungan RS.

Karena, karyawan yang berusaha menghafal Alquran akan lebih mudah mengimplementasikan dan mensinergikan konsep syariah dalam pelayanan RS. Apalagi, RS tempat mereka bekerja adalah RS yang telah tersertifikasi syariah.

“Kami percaya dengan hafalan Alquran, insya allah akan senantiasa membawa keberkahan bagi institusi masing-masing. Dengan begitu, rumah sakit Islam dapat berkembang menjadi lebih baik,” tandasnya.

Di sisi lain, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa hafalan Alquran yang dimiliki seseorang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Seperti melansir dari baitulmaqdis.com, penelitian ini dilakukan oleh Dr. Shalih bin Ibrahim Ash Shani’, Guru Besar Psikologi di Universitas Al Imam bin Saud Al Islamiyyah, Arab Saudi.

Penelitian ini melibatkan dua kelompok responden, yakni mahasiswa Universitas King Abdul Aziz berjumlah 170 responden, dan kelompok mahasiswa Al Imam Asy Syathibi yang juga berjumlah sama.

Penelitian ini menemukan korelasi positif antara peningkatan kadar hafalan Al Quran dengan kesehatan psikis seseorang. Mereka yang lebih unggul hafal Al Quran dengan yang tidak memiliki tingkat kesehatan psikis yang berbeda.

Karenanya, kesehatan psikis yang baik dapat menunjang produktivitas seseorang. Korelasi antara kadar menghafal Al Quran dengan kesehatan psikis ini juga tercantum dalam hadits riwayat Abu Daud yang berbunyi, “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah, sedang mereka membaca kitabNya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjung oleh Allah di hadapan para makhluk dan sisiNya.”

Program ini terbukti membawa dampak positif di dalam lingkungan RS sekaligus bagi pasien. “Kami yakin, program ini akan mengundang keberkahan Allah subhanahu wa ta’ala dan tentu saja untuk meningkatkan produktivitas,” kata Samsudin Salim, S.Ag., M.Ag, Kepala Bidang Pelayanan Islami RSI Sultan Agung Semarang.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here