Mukisi.com-Dalam Al-Qur’an, banyak pembahasan mengenai air. Sebagai kebutuhan hidup yang pokok, Allah telah menganugerahkan air untuk manusia bertahan hidup. Di sisi kesehatan, juga banyak telah dibahas keajaiban dari air itu sendiri.

Banyak nikmat yang diberikan oleh Allah yang patut kita syukuri. Air misalnya, air merupakan kebutuhan pokok. Dan dari kekuasaan Allah-lah, air diturunkan ke bumi. Sebagaimana firman Allah berikut.

“Dan kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati dan agar kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk kami, binatang-bintang ternak, dan manusia yang banyak” (QS Al-Furqon: 48-50)

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. 21: 30).

Mengkonsumsi air selain untuk sekedar menghilangkan rasa haus ternyata juga penting untuk kesehatan,berikut paparan dari pentingnya mengkonsumsi air bagi tubuh

“Air adalah kebutuhan dasar untuk kesehatan sel tubuh kita,” kata Ronald Navarro, ahli bedah ortopedi dan kedokteran olahraga dari California, dikutip dari tribunnews.

Di sisi lain, bila kebutuhan air tak terpenuhi oleh tuuh, maka sangat mungkin terjadi dehidrasi yang berujung penurunan memori dan kinerja mental, sebagaimana hasil riset yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition.

Menurut Dr. Navarro, beberapa jajak pendapat memperkirakan lebih dari 75 persen orang Amerika Serikat menderita dehidrasi kronis. Jumlah tersebut semakin memburuk saat musim panas.

“Kami melihat tingkat peningkatan dehidrasi di musim panas dan turun ketika suhu lebih tinggi dan keringat lebih terasa,” ucap dia.

Memaksimalkan Fungsi Pencernaan

Air juga bermanfaat untuk fungsi pencernaan. Sebab usus adalah faktor penting dalam kesehatan tubuh. Gerakan usus atau konstipasi dapat menjadi pertanda bahwa kita tidak mendapatkan cukup air.

“Mereka yang minum cukup air biasanya buang air besar secara teratur,” lanjutnya.
Pun ketika berolahraga tubuh kita akan menjadi dingin karena berkeringat. “Saat kita berkeringat, kita kehilangan cairan tubuh yang diperlukan,” paparnya.

Cuaca panas bisa rentan membuat kepala pusing bahkan menyebabkan kita kehilangan kesadaram. Oleh karena itu, kita harus menjaga suhu tubuh agar tetap dingin dengan mengonsumsi cukup air. Berdasarkan riset terbaru dari University of Illinois, mereka yang meningkatkan konsumsi air satu hingga tiga gelas dari jumlah rata-rata, makan lebih sedikit. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here