Mukisi.com-Rahasia tubuh ideal ternyata sudah dicontohkan oleh istri Rasulullah Aisyah Radhiyallahu’anha. Beliau gemar mengonsumsi timun dan kurma basah untuk menjaga bentuk tubuh idealnya.

Aisyah Radhiyallahu’anha berkata, “Aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal.” (HR. Ibnu Majah No. 3315)

Dilansir dari Live Science, Megan Ware, ahli gizi dari Orlando, Florida mengatakan timun baik dikonsumsi karena rendah kalori, karbohidrat, lemak dan kolesterol. Karena rendah kalori, biasanya timun banyak dikonsumi mereka yang sedang menjalani program diet. Namun bagi mereka yang tidak diet, timun dapat menjaga berat badan. Timun mengandung serat pada bagian kulitnya. Serat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga asupan makanan dapat dikontrol.

Sejalan dengan Megan Ware, seorang profesor dari Sydney mengatakan hal serupa.

“Mentimun sayuran keempat yang paling banyak dibudidayakan di dunia, dan salah satu superfood paling disukai, karena alasan yang baik. Mentimun mengandung properti yang menghidrasi tubuh, nutrisi penting dan rendah kalori, membuatnya jadi bahan pokok dalam setiap diet,” jelas Robyn McConhie, profesor Horticulture dari University of Sydney, seperti dikutip dari news.com.au.

Namun keberadaan mentimun di makanan sering kali diabaikan, bahkan hanya dijadikan garnish. Padahal, mentimun menjadi bahan inti dalam salad, sup, lalapan hingga rujak.

Kurma dapat Membuat Seseorang Merasa Kenyang Lebih Lama
Kemudian Aisyah Radhiyallahu’anha juga menjadikan kurma sebagai buah favorit untuk menjaga berat badan ideal. Tim dokter dari laman Hellosehat sepakat per 100 gram kurma yang dikeringkan mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat. Hal ini sebenarnya menjadikan kurma sebagai makanan yang tinggi kalori. Namun di sisi lain, buah ini juga tinggi serat dan protein jenis tak larut.

Kandungan dua jenis gizi tak larut yang lebih tinggi inilah yang membantu seseorang dapat merasa kenyang lebih lama. Itulah kenapa kurma bisa menjadi buah camilan saat diet sehari-hari. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here