Mukisi.com – Donor darah, ternyata membawa manfaat kesehatan yang luar biasa. Di sisi lain, mendonorkan darah secara rutin merupakan amalan baik yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Beberapa diantara manfaat dari mendonorkan darah adalah menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Dikutip dari hellosehat, telah diketahui bahwa jika seseorang secara rutin mendonorkan darah, maka kekentalan darah dapat berkurang sehingga resiko penyakit jantung juga akan ikut turun.

Hal itu dikarenakan darah yang kental akan memicu gesekan antara darah dengan pembuluh darah sehingga dapat merusak pembuluh darah yang akan meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami penyumbatan pembuluh darah (serangan jantung).

Disamping itu, dengan melakukan donor darah secara rutin diketahui bahwa kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil sehingga dapat menurunkan resiko seseorang terserang stroke.

Dalam hal ini dikarenakan kadar zat besi apabila terlalu banyak dalam darah akan memicu oksidasi kolesterol. Ketika proses oksidasi terus berlangsung, maka secara perlahan hasil oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri yang memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kemudian, dalam beberapa penelitian juga telah disebutkan bahwa melakukan donor darah secara rutin juga dapat menurunkan resiko kanker. Hal tersebut dikarenakan seseorang yang melakukan donor darah secara rutin memiliki kadar zat besi yang cukup stabil dalam darah.

Zat besi dalam darah tersebut telah lama dipercaya oleh beberapa peneliti sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker dan penuaan dini.

Dalam sebuah penelitian, para ilmuan melibatkan sekitar 1200 orang dan dibagi menjadi 2 kelompok. Pada kelompok yang melakukan donor darah secara rutin minimal 2 kali dalam setahun ternyata memiliki resiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan donor darah.

Hal tersebut dikarenakan mereka yang secara rutin melakukan donor darah memiliki kadar zat besi yang cukup stabil dalam darahnya, sehingga meminimalisir peningkatan radikal bebas dalam tubuhnya.

Sedangkan secara syari’at, mendonorkan darah tersebut sangat dianjurkan karena ada golongan ulama yang mengatakan bahwa mendonorkan darah tersebut termasuk dalam memelihara kesehatan manusia.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Maidah, yang artinya “Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya,” Q.S. Al-Maidah:32. (nsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here