Mukisi.com-Bangun subuh ataupun bangun di awal pagi kerapkali menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar orang. Bangun pagi sebelum subuh, menjadi kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah shalallahi alaihi wa sallam. Tentu apa yang dilakukan oleh Rasulullah shalallahi alaihi wa sallam ini pasti tersembunyi hikmah dan mempunyai segudang manfaat bagi yang mengerjakannya, salah satunya di sisi kesehatan. Simak penjelasannya.

Mendapat Rezeki Berupa Udara yang Segar
Kebiasaan bangun pagi dapat membuat tubuh sehat. Hal ini disebabkan karena ketika kita keluar rumah, oksigen segar telah menunggu untuk dihirup. Rutin bangun pagi sebelum subuh maka kita telah memberi kesempatan kepada tubuh untuk menghirup oksigen segar dengan tingkat polusi yang rendah.

Oksigen segar akan beredar ke seluruh tubuh hingga membuat badan sehat serta kecerdasan akan meningkat karena oksigen mengalir lancar ke otak. Tubuh sehat menjadi bagian dari manfaat bangun pagi dan ini adalah rezeki

Orang yang Bangun Pagi Didoakan oleh Malaikat

Orang yang bangun pagi termasuk dalam daftar orang-orang yang didoakan oleh malaikat. Rasulullah bersabda, “Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit,’” (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah).

Mendapatkan Kesempatan Menunaikan Salat Qabliyah Subuh
Manfaat bangun pagi berikutnya, adalah membuat diri kita bisa melaksanakan salat sunnah rawatib sebelum subuh (qabliyah subuh). Mengapa salat sunnah sebelum subuh ini begitu penting? Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa orang yang salat subuh dan didahului dengan salat sunah ini akan mendapatkan rezeki yang besar.

Dalamsebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa salat sunah ini lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha dari Nabi shallallhu alaihi wa sallam bersabda, “Dua rakaat shalat Fajar (sebelum subuh) lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim).

Perlu kita ketahui bahwa salat sunah sebelum subuh ini menempati urutan teratas dari salat sunah rawatib lainnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkan salat sunah ini meskipun beliau dalam perjalanan.

Rasulullah begitu istiqamah dan menaruh perhatian lebih terhadap salat ini karena memiliki segudang keberkahan di dalamnya.

Nah, demikian ulasan mengenai manfaat bangun subuh atau bangun di awal pagi. Semoga bermanfaat.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here