Mukisi.com – Metode atau cara untuk diet kini sangat beragam. Mulai menghitung jumlah kalori makanan, memakan atau meminum yang dikhususkan untuk diet, atau dengan berbagai macam olahraga. Namun tahukah Anda bahwa ternyata tidur yang cukup adalah cara yang pas untu diet.

Islam telah mengatur segala aktivitas manusia dalam hidupnya di dunia termasuk masalah kesehatan. Dengan mengikuti seluruh ketentuan-ketentuannya tentu tubuh akan menjadi lebih sehat. Seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam untuk tidur tepat waktu sehingga tubuh dapat tidur selama 8 jam ternyata sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Dilansur dari detikhealth, sebenarnya proses pembakaran kalori bukan hanya dilakukan ketika tubuh sedang beraktifitas seperti olahraga. Tidur selama 8 jam juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk membakar kalori dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan, ketika tidur sel-sel dalam tubuh bersamaan dengan otak sedang bekerja sangat keras sehingga menyebabkan pembakaran kalori, hal inilah yang menunjukkan bahwa tubuh masih cukup aktif meskipun seseorang tidak menyadarinya ketika tidur.

Seorang ahli nutrisi, Cathy Posey, RD, dalam Riders Digest mengungkapkan bahwa ketika tidur, tubuh seseorang mampu membakar kalori hingga 0,42 dalam setiap satu jam waktu tidurnya. Namun, ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar tubuh tersebut, salah satunya adalah berat badan, durasi tidur, serta suhu tubuh.

Pada seseorang yang memiliki berat badan sekitar 70 kilo gram, ketika ia tidur selama 8 jam dengan nyenyak, ada sekitar 520 kalori yang terbakar dalam tubuhnya, dan jika disamakan dengan aktifitas olahraga maka ini setara dengan lari santai (jogging) selama 1 jam lamanya.

Namun, hilangkanlah sebuah anggapan bahwa tidur adalah aktifitas yang lebih baik dari segala aktifitas yang dapat dilakukan dalam setiap harinya seperti olahraga. Dalam hal ini, fungsi olahraga bukan hanya untuk membakar kalori, melainkan ada banyak manfaat yang dapat diperoleh tubuh.

Tidur lebih dari 8 jam juga sangat tidak baik untuk tubuh, hal ini telah banyak diungkapkan dalam banyak penelitian yang menyebutkan bahwa terlalu banyak waktu tidur melebihi 8 jam per harinya akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Dengan semua penjelasan di atas tentunya tidak ada keraguan lagi bagi seorang muslim untuk mengikuti perintah Allah subhanahu wa ta ala dan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam. Dalam hal ini, Rasulullah telah melarang sejak lama tidur terlalu lama dan makan terlalu banyak serta tidak menyukai seseorang yang berbincang-bincang setelah waktu isya’ karena lebih dianjurkan untuk tidur lebih awal. (nsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here