Kamis (21/3), secara resmi, Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) telah membuka acara International Islamic Health Conference And Expo (IHEX) 2019. Dalam pembukaan itu, Mukisi siap bangkitkan semangat syariah bangkitkan keberkahan untuk rumah sakit.

IHEX kali ini mengangkat tema yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pada 2018 lalu, IHEX membumikan rumah sakit syariah di Indonesia, kali ini Mukisi membawa tema “Keberkahan Rumah Sakit Syariah di Era Kebangkitan”. IHEX akan digelar selama tiga hari, 21-23 Maret 2019.

Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), acara ini dihadiri oleh lebih dari 60 stand pameran fasilitas kesehatan. Selain diramaikan oleh stand pameran, acara ini juga dihadiri oleh kurang lebih 1000 peserta di seluruh Indonesia dari berbagai praktisi kesehatan, pemerhati kesehatan, akademisi, pebisnis dan seluruh stakeholder terkait. Pada kesempatan kali ini pula turut hadir perwakilan anggota Indonesia Islamic Medical Association (IIMA) dari Malaysia.

Dengan dihelatnya IHEX yang kedua ini, dr. Masyhudi AM, M.Kes, Ketua Umum Mukisi berharap agar fasilitas kesehatan, khususnya rumah sakit di Indonesia dapat memberikan pelayanan kesehatan berstandar syariah.

Acara ini juga dimaksudkan sebagai pengenalan atau sosialisasi rumah sakit syariah yang diinisiasi oleh Mukisi,” katanya saat membuka gelaran IHEX 2019.

Dilanjutkannya, dokter Masyhudi mengungkap bahwa IHEX kali ini juga mengangkat isu diferensiasi pelayanan kesehatan Islam dan kolaborasi potensi ummat.

Ada sembilan agenda yang akan dibahas. Sembilan agenda ini adalah seminar, workshop, pameran, pertemuan tahunan Asosiasi Rumah Sakit Islam, rapat kerja Mukisi, seleksi papers, award, tabligh akbar, dan ukhuwah,” tuturnya.

Karenanya, IHEX yang dilaksanakan tiap tahun ini adalah agenda besar bagi Mukisi. Selain untuk mengenalkan, momen kali ini akan digunakan untuk kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

Dipaparkan oleh dr. Burhanuddin Hamid Darmadji, MARS, Ketua Panitia IHEX 2019, kegiatan ini mengundang berbagai kalangan karena bertujuan untuk mendesiminasikan, mendiskusikan, dan mengenalkan produk jasa halal di bidang Halal Healthcare.

Dalam acara ini juga dibahas terkait dengan sertifikasi rumah sakit syariah dan update perkembangan teknologi pelayanan kesehatan yang berjalin produk halal yaitu, Islamic Healthcare dan Halal Product,” lanjutnya.

Intinya, pada kegiatan IHEX ini, adalah upaya konsolidasi dan kolaborasi potensi ummat. Serta mensyariahkan rumah sakit yang berkenaan dengan seluruh askep. Baik dari segi administrasi maupun pelayanan kesehatan,” ujar dokter Burhan.

Perhelatan IHEX masih berlangsung. Mukisi dengan semangat bersyariahnya akan berupaya keras, menyebarkan nilai-nilai syariah untuk rumah sakit. Dengan kolaborasi dari berbagai pihak terkait untuk membangun dunia kesehatan Islami yang lebih baik.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here