Mukisi.com – Berbagai keunggulan yang telah ditunjukkan oleh rumah sakit (RS) Syariah menjadikan RS PKU Muhammadiyah Temanggung ikut berproses menuju rs syariah. Jumat lalu (08/03), RS PKU Muhammadiyah Temanggung telah usai melaksanakan tahap pra-survey dan dipastikan akan segera melaju ke tahap survey dalam waktu dekat.

Dalam pelaksanaan tahap pra-survey di RS PKU Muhammadiyah Temanggung tersebut, Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) menunjuk dr. Akhmad Muzairi, MARS dan dr. Arrus Ferry, MPH sebagai tim Assesor.

Sesampainya di RS PKU Muhammadiyah Temanggung, tim Assesor disambut dengan sangat baik oleh seluruh jajaran pengurus rumah sakit termasuk Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Temanggung DR. drg, Edi Sumarwanto, MM, MHKes , yang juga secara langsung menyampaikan laporan terkait kesiapannya menuju rs syariah dan tentang implementasi 8 standar minimal dan 3 standar wajib yang telah diterapkan oleh RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Tak lama setelah itu, tim Assesor membagi tugas untuk melakukan pemeriksaan terhadap RS PKU Muhammadiyah Temanggung.. Pemeriksaan dokumen dilaksanakan oleh dr. Muzairi menjelang sholat ashar dan pemeriksaan pelayanan dilaksanakan oleh dr. Arrus setelah sholat ashar.

Pemeriksaan dokumen dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh dokumen yang ada dalam standar sertifikasi rs syariah, baik dari kelompok pelayanan dan kelompok manajemen.

Di sisi lain, pemeriksaan pelayanan, hampir seluruh ruangan ditelusuri oleh tim mukisi mulai dari ruang rawat inap,  IGD (Instalasi Gawat Darurat),  apotek,  bagian gizi,  bagian laundry,  pemulasaran jenazah, dan ruang tunggu pasien serta pendaftaran. Ada satu dua pasien yang juga di wawancarai seputar penerapan standar sertifikasi RS syariah untuk menambah hasil penilaian.

Hasilnya, RS PKU Muhammadiyah Temanggung.mendapat nilai yang sangat memuaskan, dalam pemeriksaan dokumen mendapat nilai lebih dari 80 persen, dan untuk pelayanan dan manajemen siap di survey oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Namun, ada sedikit pekerjaan rumah yang harus di selesaikan oleh RS PKU Muhammadiyah Temanggung.sebelum dilakukan tahap survey yaitu mengenai dapur halal.

“Hasilnya cukup menggembirakan, antara bidang manajemen dan bidang pelayanan RS PKU Muhammadiyah Temanggung siap di survey oleh DSN-MUI. Hanya saja catatannya dapur halalnya masih dalam proses, jadi untuk proses survey harus menunggu sertifikat dapur halalnya diterima oleh RS PKU Muhammadiyah Temanggung,” tutur Dokter Muzairi. (nsa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here