Mukisi.com – Rasa sedih yang muncul adalah manusiawi. Namun jika berlebihan akan membawa dampak serius bagi seseorang. Sedih berlebihan, bahkan dapat menyebabkan berbagai penyakit akibat sindrom metabolik seperti penyakit jantung dan stroke.

Melansir dari detik, dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan dalam Molecular Psychiatry, perasaan sedih yang dialami seseorang seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama akan memicu perubahan tingkat bahan kimia dalam tubuh.

Hal itulah yang menyebabkan adanya peningkatan protein inflamasi dalam darah, yang selama ini selalu dikaitkan dengan berbagai penyakit yang disebabkan oleh sindrom metabolik seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi hingga stroke.

Alan Prossin, seorang peneliti dari University of Texas Health Science Center, Houston, juga mengungkapkan “Saat anda bersedih, tingkat bahan kimia otak yang disebut dengan opiloid meningkat. Nah, peningkatan bahan ini berdampak negatif bagi tubuh. Salah satunya adalah penurunan sistem imun,” ungkapnya.

Akibatnya, ia melanjutkan, penurunan sistem kekebalan tubuh tersebut memiliki potensi yang sangat tinggi untuk meningkatkan resiko tubuh terkena berbagai penyakit.  Selain itu, yang lebih fatal adalah peningkatan opiloid itu dapat memicu tubuh untuk melepaskan protein IL-18, yang sering dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

Ditambah lagi, perasaan sedih berlebihan tersebut juga akan berdampak pada kerja otak yang juga berperan untuk mengatur nafsu makan, yang mengakibatkan nafsu makan seseorang tersebut menjadi berantakan.

Hal tersebut sesuai dengan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal PloS ONE tahun 2013 yang menuliskan bahwa seseorang yang yang sedang menderita kesedihan yang dalam akan berpengaruh pada nafsu makannya, ia akan lebih cepat merasakan lapar, terutama pada makanan yang tidak sehat bagi tubuh seperti es krim atau junk food.

Dari paparan di atas, ada baiknya anda bangkit dari kesedihan yang sedang anda alami, agar berbagai akibat buruk kesedihan akibat perasaan sedih berlebih tidak menjadi ancaman bagi tubuh anda.  Anda dapat mencoba melakukan aktivitas ringan seperti olahraga atau meditasi untuk memulihkan perasaan. Selain itu, cobalah untuk beristirahat lebih lama, karena hal itu sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh anda ketika anda sedang mengalami kesedihan yang berlangsung cukup lama.

Dalam Al-Qur’an surat Ali Imran Allah juga telah melarang seorang muslim untuk bersedih hati, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman yang artinya, “Janganlah kamu lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, karena kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.” (QS. Ali Imran: 139). (nsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here