Mukisi.com– Tak selamanya makanan sehat itu menyehatkan. Mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti daging, unggas, dan ikan-ikanan yang berlebihan bisa menuntun pada kegagalan organ, terutamanya ginjal.

Meski demikian, makanan berprotein sangat baik bagi tubuh. Ia membantu dalam pembentukan dan penguatan otot manusia. Namun, konsumsi makanan tinggi protein yang berlebihan justru tidak baik bagi kesehatan. Karena, konsumsi makanan tinggi protein seperti, daging merah, unggas, dan makanan laut dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, menurut Harvard Health.

“Makin tinggi protein hewani, produksi kalsium, dan asam urat dalam urine akan membentuk batu ginjal,” terang dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dokter ahli bagian ginjal dan hipertensi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI), dikutip dari kompas.

Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Picu Batu Ginjal

Selain itu, ada juga penyebab lain yang memunculkan batu ginjal yang patut diwaspadai. Penyebab pertama yaitu, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C. Pendapat ini dikuatkan oleh dr. Tan Yung Khan, spesialis urologi dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena Singapura. Mengonsumsi vitamin C idealnya maksimum 200 miligram per hari. Jika konsumsi berlebih, dapat memicu munculnya batu ginjal.

Kemudian, konsumsi suplemen kalsium, makan sayur atau kacang-kacangan, dan makan makanan tinggi protein yang berlebihan juga dapat memicu munculnya batu ginjal. Agar aman dalam mencukupi kebutuhan kalsium harian, Anda dapat mengonsumsi maksimal 1000 miligram per hari.

Lalu, beberapa sayur dan kacang-kacangan memiliki kandungan oksalat yang tinggi, seperti bayam, kacang, kentang, dan ubi. Menurutnya, bukan berarti tidak boleh mengonsumsi sama sekali asupan tersebut, hanya saja perlu dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Di sisi lain, dalam Islam, Allah subhanahu wa ta’ala jelas melarang umatNya agar tidak makan berlebihan. Ini dijelaskan dalam Al Quran surat Al A’raf: 31 yang berbunyi, “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan.”

Hal di atas adalah bukti bahwa sains dan Islam sepakat agar manusia tidak makan berlebihan. Karena, makan yang dilakukan dengan berlebihan, baik berlebihan porsi makan atau berlebihan dalam mengonsumsi beberapa jenis makanan akan menjadi sumber penyakit. Soal makanan harus diperhatikan dengan baik, agar mendatangkan nikmat Allah yang bernama sehat.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here