Mukisi.com – Tahukah Anda bahwa cuka merupakan salah satu makanan favorit Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam. Baru-baru ini, penelitian membuktikan bahwa cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari detikhealth, untuk mendapatkan manfaat dari cuka apel, seseorang dapat mengonsumsinya secara langsung atau dicampurkan dengan bumbu dapur. Manfaat yang didapatkan dari pengonsumsian cuka apel tersebut sangat banyak, berikut ulasannya.

Kendalikan Gula Darah

Dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition 2015 disebutkan bahwa kadar gula orang yang mengonsumsi cuka apel lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang yang mengonsumsi plasebo.

Didasarkan pada hasil analisa dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti Yunani tersebut juga disebutkan bahwa dalam kurun waktu 8-12 minggu seseorang mengonsumsi cuka, rata-rata kadar gulanya bisa lebih rendah. Hal inilah yang menunjukkan bahwa cuka apel memiliki manfaat bagi penderita diabetes yang kadar gula tubuhnya tidak terkontrol.

Antimikroba

Sifat asam yang dimiliki oleh cuka apel membuatnya berperan sebagai antimikroba yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa cuka apel sangat efektif untuk membasmi infeksi fungi Candida dan juga bakteri Staphylococcus.

Turunkan Kolesterol

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Foods 2018 mengungkapkan bahwa seseorang yang mengonsumsi cuka apel memiliki kadar kolesterol baik yang lebih tinggi di dalam tubuhnya.

Hal tersebut didasarkan pada sebuah eksperimen terhadap partisipan yang melakukan diet rendah kalori selama 12 minggu. Hasilnya, tingkat kolesterol buruk dalam tubuh mereka berangsur-angsur membaik.

Bantu Turunkan Berat Badan

Dalam studi tersebut juga dikatakan bahwa cuka apel dapat mengurangi nafsu makan seseorang sehingga dapat memangkas berat badan berlebih. Dalam eksperimen yang dilakukan, ditemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi cuka apel dapat memangkas lebih banyak berat badannya dibandingkan dengan seseorang yang melakukan diet tanpa mengonsumsi cuka apel.

Hal ini sesuai dengan yang di sabdakan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bahwa sebak-baik lauk adalah cuka, dan hal tersebut telah banyak dibuktikan dalam berbagai penelitian ilmiah tentang manfaat cuka terhadap kesehatan.

“Dari Jabir bin Abdullah menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta lauk kepada istrinya-istrinya, lalu mereka menjawab: “Kita tidak punya apa-apa selain cuka.” Beliau menyuruh diambilkan (cuka itu), lalu beliau makan dengan cuka tersebut sambil bersabda: ‘Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka’.” (HR. Muslim). (nsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here