Mukisi.com- Kehadiran Rumah Sakit (RS) Syariah kini mulai bermunculan. Selasa lalu (26/2), RS Annisa Cikarang mendapat giliran pendampingan untuk mendapatkan sertifikasi syariah dari Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi).

Pada kesempatan itu, dr. Masyhudi AM, M.Kes dan Miftachul Izah, SE., M.Kes yang masing-masing menjabat sebagai Ketua umum dan Wakil sekretaris Mukisi bertugas memberi pendampingan.

“Kami memberi pendampingan kepada mereka. Salah satu hal yang kami apresiasi dari RS Annisa Cikarang adalah, mereka tidak menyebut RS nya sebagai RS Islam, tetapi pemiliknya muslim dan sangat bagus dalam mengimplementasikan syariat Islam di pelayanannya,” tutur Mifta.

Telah Banyak Belajar sebelum Pendampingan

Ditambah lagi, lanjutnya, RS Annisa Cikarang telah mengimplementasikan syariat Islam sejak satu hingga dua tahun yang lalu. Juga mereka telah banyak menimba ilmu tentang standar RS Syariah melalui studi banding ke salah satu RS yang telah tersertifikasi syariah, yakni RSI Sultan Agung Semarang.

“Artinya, sebenarnya RS Annisa Cikarang sudah mendapat pre-pendampingan sebelum-sebelumnya. Dan ini tentu memudahkan langkah mereka untuk cepat berproses menjadi RS Syariah,” imbuhnya.

Dengan mengikuti tahapan demi tahapan untuk menjadi RS Syariah, Mukisi berharap RS Annisa Cikarang memiliki pelayanan yang terstandar sehingga menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Dalam kesempatan tersebut, pertama-tama tim Mukisi memberikan pendampingan berupa pemaparan overview tentang RS Syariah, kemudian berlanjut pada pembahasan aspek pelayanan dan manajemen RS Syariah.

Feedback dari mereka juga bagus, banyak yang bertanya, soal obat halal salah satunya,” tuturnya.

Dalam agenda tersebut, seluruh sivitas RS Annisa Cikarang antusias menyambut tim dari Mukisi. Baik dari jajaran direksi, owner, para dokter, staf RS, dan komite medik. Dan dengan berjalannya pendampingan tersebut, Mukisi berharap RS Annisa Cikarang semakin taat dalam menjalankan kaidah Islam di setiap pelayanan, sehingga terwujud RS yang kian berkah.

“Mereka sudah cukup siap, hanya perlu menyelenggarakan akad sesuai dengan standar RS Syariah yang ada,” kata Mifta.

Menurut pendapatnya, Mukisi sudah mengupayakan pendampingan dengan baik. Di antaranya memberikan masukan-masukan yang konstruktif. Sehingga tim berharap RS Annisa Cikarang dapat cepat berproses, apalagi didukung dengan potensi yang dimiliki RS tersebut. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here