Mukisi.com-International Health Expo and Conference (IHEX) 2019 tinggal menghitung hari. Para pendaftar Mukisi awards yang berhasil masuk babak final pun telah muncul. Tim panitia mengucap selamat kepada RS yang lolos seleksi, dan mengapresiasi kepada RS yang belum lolos seleksi di mukisi awards tahun ini.

Para peserta yang lolos akan mempresentasikan makalahnya di depan juri pada tanggal 21 dan 22 Maret 2019 di Jakarta Convention Center. Pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 22 Maret saat acara “Malam Ukhuwah” berlangsung.

Peserta Lolos Kategori Proyek Peningkatan Fasilitas Kesehatan RS Syariah

RS yang berhasil lolos pada kategori ini yakni RS PKU Muhammadiyah Lamongan dengan judul Rekayasa Produk Bersih Air Mutunajis IPAL menjadi Air Suci dan Mensucikan. RS Sari Asih Karawaci dengan judul Celana HSG Upaya Menjaga dan Meminimalkan Terbukanya Aurat saat Pemeriksaan HSG.

Kemudian menyusul RS Syariah pertama yakni RSI Sultan Agung lolos dengan judul 2 judul, yakni Efektivitas Terajut dalam Mengurangi Tingkat Kecemasan Pasien Kemoterapi, dan judul kedua yakni Mukjizat Terapi SST (Spiritual Story Telling) di RS Syariah. RSIY PDHI dengan judul Sabuk Sakti: Ukur Korset Lebih Mudah dan Syar’i. RS Nur Hidayah dengan judul Implementasi Selimut Anti Malu dan Hijab Menyusui.

Peserta Lolos Kategori Proyek Kualitas Syariah dan Keselamatan Pasien

RS yang berhasil lolos pada kategori ini yakni RS PKU Muhamamdiyah Yogyakarta lolos dengan dua judul, Dampak Positif Penerapan Prinsip Ihtiyath dakam terapi Epoetin pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis dengan Anemia, dan judul kedua yakni Hijab Menyusui Modifikasi berhubungan dengan Safety Bayi.

Di sisi lain, RS PKU Muhammadiyah Lamongan pun juga lolos pada kategori ini, dengan judul Premix kcl Solusi  Pengelolaan Obat Waspada Tinggi untuk Mendukung Patient Safety dalam Tinjauan Syariah.

RSI Sultan Agung dengan judul Sistem Jaminan Halal Gizi Berbasis patient sesuai Standar Nasional Akreditasi RS Syariah. Kemudian RS PKU Gamping dengan judul Peran Interprofesi Edukas dalam Meningkatkan Komunikasi Efektif di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta.

Peserta Lolos Kategori Proyek Inovasi Teknologi Informasi Syariah

Pada kategori yang berfokus tentang pengembangan teknologi di RS Syariah ini muncul beberapa RS yang lolos seleksi. Di antaranya adalah RS Klaten dengan Judul Inovasi IT dalam Meningkatkan Ketepatan Penjadwalan Operasi Efektif agar Tidak Berbenturan dengan Waktu Sholat.

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan judul Memuliakan Pasien melalui e-HHC. RS PKU Muhammadiyah Lamongan dengan judul Peningkatan Efektivitas Efisiensi dan Aksesibilitas Pengelolan Mutu RS Syariah menggunakan Apel Mukisi.

Kemudian RSIY PDHI dengan judul Teleradiologi berbasis Web untuk Mencapai Indikator Mutu Waktu Tunggu Foto Thorax. Kembali RSI Sultan Agung lolos dengan judul SHC Mobile: Aplikasi Bantu untuk Monitoring Implementasi Standar Syariah. Terakhir pada kategori ini, RS Sari Asih Ciputat dengan judul Peranan Teknologi Informasi dalam Mendukung Implementasi Mutu Syariah di RS Sari Asih Ciputat dengan SIMRS Mutu Syariah Terintegrasi.

Peserta Lolos Kategori Pemasaran Syariah dan Proyek Layanan Pelanggan

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta berhasil lolos pada kategori ini dengan judul Strategi Humas dalam Menyelesaikan Keluhan Pelanggan dengan Pendekatan Al Ashr (wal ashri) di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

RS PKU Muhammadiyah Lamongan dengan judul Lentera (Layanan antar Obat ke Rumah Anda) untuk meningkatkan kepuasan pasien. RS Klaten dengan judul Pengaruh Terapi Spiritual dalam Meningkatkan Kesabaran Pasien Hemodialisa di Instalasi HD RSI Klaten.

RS Muhammadiyah Temanggung dengan judul Pemasaran Syariah dengan Prototype Sinergitas Lazismu RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Dan RS Sultan Agung dengan judul  Pengaruh Edukasi Kesehatan terhadap Kesadaran Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Trimulyo.

Peserta Lolos Kategori Proyek Pengembangan Sumber Daya Insani Syariah

RS Nur Hidayah berhasil lolos pada kategori ini dengan judul Dengan Al Quran Aku Menjadi Keluarga Allah. RS Muhammadiyah Wonosobo dengan judul Upaya Efisiensi Penggunaan Chemical Laundry (penurunan kemubaziran) unit Laundry RS PKU Muhammadiyah Wonosobo melalui Perubahan Jam Pengambilan Linen oleh Petugas.

RS Sultan Agung dengan jdul SMART IKI IKU. RS PKU Muhamadiyah Lamongan dengan judul Kepuasan Kinerja Karyawan bersama Ibu ISA. Dan RS Amal Sehat Wonogiri dengan judul Lingkar Studi Islam sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Syariah dan Kepuasan Pasien di RS Amal Sehat Wonogiri.

Peserta Lolos Kategori Proyek Dakwah dan Tanggungjawab Sosial RS dan Keuangan Syariah

Peserta lolos kategori ini antara lain RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dengan judul “Husnul Khotimah Service” di RS PK Muhammadiyah Yogyakarta.

Kemudian RS Amal Sehat Wonogiri dengan dua judul, yakni Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Peduli RS Amal Sehat Wonogiri. Di judul kedua yakni Dompet HIBA sebagai Alternatif Crowdfunding dalam Setting RS.

RS Sultan Agung dengan judul Analisis Program Kampung Harapan RSI Sultan Agung terhadap Kualitas Hidup Masyarakat Tambaksari Desa Bedono. Terakhir, RS Nurhidayah dengan judul Khitan Perempuan: Tantangan Dakwah dan Keberkahan bagi RS Syariah.

Dengan bermunculannya inovasi dari para peserta ini tentunya panitia berharap mampu memberi kebermanfaatan bagi masyarakat. Sehingga hasilnya dapat pula diterapkan oleh RS lain demi meningkatkan kualitas dan pelayanan RS yang sesuai dengan syariat Islami. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here