Mukisi.com– Standar Rumah Sakit Syariah kini telah ramai diperbincangkan. Dengan berbagai keunggulan menjadikan masyarakat semakin nyaman untuk menuju kesembuhan. Rabu lalu (20/02), Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Medika telah menjalani proses pendampingan untuk menuju Rumah Sakit (RS) Syariah pertama di medan.

Dalam proses pendampingan menuju RS syariah, dari pihak Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI), Ketua Umum Dewan Pengurus Mukisi dr. Masyhudi AM, M.Kes. dan Sekretaris Dewan Pengurus Mukisi Miftachul Izah, SE., M.Kes  yang datang secara langsung ke RSU Mitra Medika Medan untuk memberikan petunjuk (guidline) tentang bagaimana proses menuju RS Syariah.

Semua pihak dari pihak RSU Mitra Medika Medan, baik dari Direktur Utama Rumah Sakit, Pemilik Rumah Sakit dan pegawai Rumah Sakit Citra Medika antusias dalam menyambut acara tersebut.

“Acara pendampingan tersebut bertujuan untuk memberikan arahan kepada RSU Mitra Medika Medan tentang bagaimana persiapan untuk menjadi rs syariah baik dari sisi pelayanan maupun dari sisi manajemen,” tutur Miftachul, Sekretaris Dewan Pengurus Mukisi

Jadi, ia melanjutkan, disampaikan overview tentang bagaimana menuju RS Syariah, setelah itu disampaikan juga tentang pelayanan dan managemen di RS Syariah.

Tim  Mukisi sendiri juga melakukan pengamatan pada hampir semua ruangan untuk mengetahui bagaimana RSU Mitra Medika mempersiapkan diri untuk menuju RS Syariah, mulai dari ruangan pedaftaran, perawatan rawat jalan, mushola, ruang laundri serta gizi.

Miftachul juga mengungkapkan RSU Mitra Medika Medan masih harus melalui beberapa tahap menuju RS Syariah, “Kemarin sifatnya masih pendampingan, sedangkan proses menuju rs syariah harus melalui 3 tahapan. Yang pertama adalah pendampingan, yaitu tahap Mukisi memberikan guidance panduan tentang bagaimana melengkapi dokumen dan implementasi di lapangan, Kemudian, setelah didampingi rs menyiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dan fasilitas fisik yang memang disarankan,” ungkapnya.

“Kemudian, rs mengajukan prasurvey atau tahap penilaian, pada tahap ini Mukisi akan datang melihat bagaimana kemampuan rs ini dalam menyediakan data dan lain sebagainya yang dibutuhkan sebagai syarat menuju rs syariah, dan tahap terakhir adalah dilakukannya survey oleh Dewan Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DN-MUI),” lanjutnya.

Potensi RS Mitra Medika Menuju RS Syariah

Menurut Mifta, pelayanan RS ini menerapkan unsur-unsur islami secara umum. Selain itu, owner RSU Mitra Medika juga seorang muslim. Karenanya, RSU Mitra Medika memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi RS Syariah pertama di Sumatera Utara. Meski demikian, ada beberapa tantangan yang memang harus diselesaikan RSU Mitra Medika dalam menuju RS Syariah.

“Tantangan yang harus disiapkan oleh rumah sakit terkait dengan akad di rs syariah, karena rs konvensional tidak menggunakan akad sebagai salah satu prasyarat dalam manajemennya,” tuturnya

Sedangkan, RS Syariah ini menyiapkan akad. Mulai dari akad dengan pegawai RS, akad dengan pasien, akad dengan vendor, dan lain sebagainya.

“Di samping akad, komite syariah merupakan hal yang baru dengan pengelolaan rs secara umum. Dalam hal ini tugas komite adalah untuk melihat, mengimplementasikan serta memantau standar RSU Mitra Medika Medan nantinya, apakah sudah berjalan sesuai standar atau belum,” tutupnya. (nsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here