Mukisi.com-Di saat sakit, orang umumnya akan menghindari wudhu ataupun air. Namun ada suatu kisah, dari Imam Al-Junaid Al-Baghdadi, seorang sufi besar yang menjadi panutan kaum muslimin hingga saat ini. Ia berhasil sembuh dari sakit matanya karena ketaatannya kepada Allah dengan tetap menjaga wudhu dan sholat.

Diceritakan dari islami.co, suatu hari Imam Al-Junaid terkena sakit mata parah sehingga harus berkonsultasi dengan seorang dokter. Setelah bertemu dan berkonsultasi dengan seorang dokter, dia disarankan agar matanya jangan sampai terkena air. “Jika engkau ingin kedua matamu sembuh, maka jangan sampai terkena air,” kata sang dokter.

Imam Al Junaid adalah orang yang taat agama, saran dari dokter ini tentu sulit dilakukan oleh Imam Al-Junaid karena dia harus melakukan wudhu setiap hendak melaksanakan shalat. Dan tentu ketika wudhu, kedua matanya pasti terkena air.

Namun dengan keyakinan penuh, ia nekad melakukan wudhu dengan membasuh seluruh wajahnya dengan air. Kemudian dia melaksanakan shalat dan tidur. Namun anehnya, setelah bangun tidur justru sakit matanya sembuh padahal sebelumnya sudah terkena air.

Di tengah kebingungan dan keanehan tersebut, tiba-tiba terdengar suara misterius. “Junaid mengabaikan kedua matanya demi mendapat keridhaan-Ku. Seandainya ahli neraka minta kepada-Ku seperti semangat Junaid, niscaya pasti akan dikabulkan permintaannya, “ kata suara itu.

Sang dokter yang telah melihat kedua mata Imam Al-Junaid sembuh dengan cepat, dia menjadi heran dan bertanya, “Apa yang telah engkau lakukan?.”

“Aku telah melakukan wudhu dengan membasuh seluruh muka dan kemudian melaksanakan shalat”, jawab Imam Al-Junaid.

Dokter yang beragama Nasrani tersebut akhirnya mengucapkan keimanan kepada Allah setelah melihat peristiwa itu. “Ini adalah obat dari Tuhan, bukan makhluk. Aku ini sebenarnya yang sedang sakit mata (mata hati), dan engakaulah dokternya,” kata dokter tersebut.

Kisah ini memperlihatkan keistimewaan wudhu dan shalat, sekaligus keistimewaan Imam Al-Junaid. Dia lebih mengutamakan melakukan wudhu dan shalat dibanding saran dokter. Dan karena itu, dia disembuhkan dari sakit mata yang dideritanya.

Wudhu memang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam bukunya Prayers, A Sport for The Body and Soul, Mokhtar Salem menjelaskan kalau berwudhu yang baik dan benar dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Alasannya, orang yang berwudhu secara otomatis pasti juga membersihkan anggota tubuh dan kulitnya. Ia selalu menjaga kebersihan hidungya (dengan istinsyaq), tangannya, wajahnya, hingga kedua kakinya. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here