Mukisi.com – Rambutan memiliki banyak kandungan vitamin C. Bahkan, dalam setiap 100 gram daging rambutan mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa sebanyak 40 persen. Penelitian membuktikan bahwa vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan salah satunya bisa mengurangi sel Kanker.

Apalagi pada zaman milenial ini, semua tumbuhan dapat dibuktikan manfaatnya termasuk rambutan yang memiliki banyak manfaat hingga mampu mencegah kanker.

Vitamin C merupakan asupan yang wajib dipenuhi untuk menunjang kesehatan seseorang, meskipun vitamin C tersebut tidak dapat menyembuhkan secara langsung dari penyakit flu.

Karenanya, ketika asupan vitamin C tersebut selalu terpenuhi dalam keseharian setiap orang, hal tersebut dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh dan menurunkan resiko penyakit-penyakit berbahaya seperti kardiovaskuler dan kanker.

Seperti dilansir liputan6.com, Mark Mayad seorang peneliti dari Universitas Michigan Amerika Serikat mengungkapkan bahwa saat kebutuhan vitamin C pada seseorang terpenuhi, maka secara tidak langsung itu menjadi penanda yang ideal bahwa kebutuhan nutrisi tubuhnya juga terpenuhi.

“Semakin kami mempelajari manfaat vitamin C, semakin baik pemahaman kami bahwa vitamin ini (yang terkandung di rambutan) melindungi kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari kardiovaskular, kanker, stroke, serta penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh, yang tentunya bikin hidup lebih lama,” pungkas Mark

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti di Universitas Kansas Amerika Serikat disebutkan bahwa mereka melakukan serangkaian tes dengan memberikan injeksi vitamin C berdosis tinggi terhadap sekelompok pasien kanker.

Hasilnya, para peneliti tersebut menemukan bahwa jumlah sel kanker di dalam tubuh pasien berkurang drastis, sebaliknya sel-sel sehat masih tetap jumlahnya dalam tubuh.

Juga dilansir dari laman klikdokter, Vitamin C juga berperan dalam menyokong dinding epitel sel terhadap berbagai patogen dan radikal bebas. Salah satu radikal bebas yang berasal dari luar tubuh yang biasa ditemui adalah polusi. Dalam hal ini dikarenakan polusi dapat merusak sel-sel tubuh hingga menjadi racun bagi tubuh itu sendiri.

­Sesuai dengan rekomendasi para ahli, pengonsumsian vitamin C adalah 1000 miligram per harinya. Dengan meminum 250 gram daging rambutan, tentunya kebutuhan vitamin C seseorang akan tercukupi dan daya tahan tubuh pastinya meningkat serta tidak mudah terserang penyakit.

Dalam Al-Qur’an Surat Asy-Syu’araa ayat 7 Allah berfirman, yang artinya “Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya Kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik?.” (QS. Asy-Syu’araa 26:7).

Menurut tafsir Kementerian Agama (Kemenag), ayat tersebut adalah sebuah petunjuk bahwa apa yang terjadi di alam adalah bukti kekuasaan Allah agar manusia beriman.(nda)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here