Mukisi.com-Bagi sebagian wanita, nyeri haid sangat mengganggu aktivitas. Alhasil, obat instan pereda nyeri haid pun dikonsumsi. Padahal, ada beberapa cara ampuh non obat yang bisa Anda coba untuk meredakan nyeri haid.

Berolahraga

Saat sedang dilanda nyeri haid, wanita kebanyakan enggan berolahraga. Padahal, berolahraga dan aktif bergerak, justru bisa membantu mengurangi nyeri atau kram saat menstruasi. Dokter spesialis kandungan Maria Sophocles, M.D., menerangkan bahwa keringat yang keluar saat olahraga bisa mencegah perut kram.

Dalam laman detik, Maria menyarankan untuk mencegah rasa tidak nyaman saat menstruasi, sebaiknya lakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit, atau cukup 75 menit jika itensitasnya tinggi. Lakukan olahraga secara rutin tiap minggu, terutama latihan kekuatan seperti push-up, pull-up dan back-up. Melatih kekuatan otot sangat penting untuk meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan, termasuk ketika menstruasi.

“Tidak ada alasan untuk menyesuaikan rutinitas olahraga Anda selama menstruasi, kecuali jika darahnya keluar sangat banyak dan tubuh terasa lelah,” dukung Alyse Kelly-Jones, M.D., spesialis kandungan berbasis di Carolina Utara, Amerika Serikat.

Kompres dengan Air Hangat

Kompres area yang sakit dengan air hangat adalah salah satu cara ampuh meredakan nyeri haid, tips ini dibagikan oleh Alm. dr Ryan Thamrin, spesialis masalah reproduksi dan kesehatan seksual dalam kompas. Cobalah untuk menghangatkan bagian perut yang sakit dengan menggunakan botol hangat ataupun bantal khusus penghangat. Atau coba minum minuman hangat seperti teh, kopi, susu, atau cokelat hangat, agar perut terasa lebih rileks dan nyaman.

Minum Teh

Teh chamomile dikenal ampuh meredakan nyeri haid. Teh beraroma bunga ini berdasarkan studi memiliki senyawa yang berperan sebagai anti inflamasi alami. Dalam jurnal yang dirilis oleh Journal of Agriculture and Chemistry, sebagaimana yang dilansir hellosehat, membuktikan ada kandungan tertentu dalam teh chamomile yang dapat mengurangi rasa sakit.

Menurut studi yang dilakukan oleh Elaine Holmes, Ph.D., seorang ahli kimia di Imperial College London tersebut, menunjukkan 14 orang yang ikut serta dalam penelitian memiliki kenaikan level hippurate yang signifikan. Hippurate merupakan suatu senyawa dalam tubuh yang berperan sebagai anti inflamasi alami. Anti inflamasi ini dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin serta mengurangi nyeri haid.

Akupuntur

Akupunktur adalah jenis pengobatan Cina tradisional, yang melibatkan pemasangan jarum kecil untuk merangsang tubuh pada titik-titik tertentu. Para peneliti dari Rumah Sakit Oriental di Kyung Hee University Medical Center di Korea Selatan, dikutip dari Kompas, menemukan bahwa akupunktur memiliki efek positif mengurangi kram menstruasi. Penelitian ini didasarkan pada 10 percobaan dengan 944 peserta.

Dengan melakukan tiga tindakan mudah di atas, nyeri haid yang Anda alami dapat teratasi tanpa bantuan obat pereda nyeri. Selamat mencoba. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here