Mukisi.com-Belakangan ini, hujan semakin sering mengguyur. Selain Flu, Tifus adalah penyakit yang juga harus diwaspadai di kala musim hujan datang. Tifus sudah banyak memakan korban dari dewasa hingga anak-anak.

Tifus adalah penyakit yang umum menyerang saat musim hujan selain Flu. Hal ini dijelaskan oleh Dokter Elana Pearl Ben-Joseph dari situs Kid’s Health, penyakit ini dikarenakan adanya bakteri gram negatif, Salmonella Typhii.

Thypoid Fever atau Tifus ini adalah penyakit sistemik akut yang ditandai demam akut akibat infeksi Salmonella sp,” tambah dr. Yuniar Tri Rahmawati, Kepala Instalasi Rawat Jalan RSU Muhammadiyah Ponorogo dikutip dari timesindonesia.co.id.

Biasanya, bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Hingga kemudian, bakteri ini berkembang biak dan menyebar dengan cepat melalui darah.

Gejala dari penyakit ini menurut Elana dirasakan tiba-tiba. Tergantung pada usia, kondisi kesehatan, dan sejarah vaksinasi. Gejala umum dari seseorang yang terinfeksi penyakit Tifus ini adalah demam hingga 40C, badan pegal dan lemah, sembelit, diare, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan radang tenggorokan.

Pada kondisi yang semakin parah akan membuat berat badan menurun, perut membesar, ruam pada dada, hingga kematian. “Penyakit Tifus juga mengakibatkan gangguan kesadaran dan menyebar ke organ lain. Seperti hati, paru-paru bahkan otak. Selain itu, juga bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak serta gangguan pencernaan dan kebocoran usus,” imbuh Yuniar lagi.

Meski bisa disembuhkan, Tifus ternyata juga bisa mengancam nyawa. Untuk itu, ada beberapa langkah untuk melakukan pencegahan. Berikut adalah cara tersebut.

Makan di Tempat yang Bersih dan Higienis

Bagi sebagian orang, makan di tempat yang bersih tidak menjadi keharusan. Padahal, jika kita makan di tempat yang demikian, sama saja dengan turut mencegah penularan Tifus. Karena, seperti yang dijelaskan dokter Yuniar bahwa bakteri Tifus masuk ke dalam tubuh disebabkan makanan yang kita makan.

Sementara itu, dalam Islam sendiri soal makan juga menjadi perhatian. Tidak hanya dari kehalalannya saja namun juga kebaikan serta kebersihannya. Seperti tercantum dalam Al Quran surat Al Maidah:88 berbunyi, “dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya.”

Jaga Kebersihan Lingkungan

Musim hujan seolah menjadi tempat yang tepat bagi berbagai bakteri maupun virus untuk berkembang baik. Untuk itu menjaga kebersihan lingkungan juga dapat mencegah Tifus.

Sementara itu di dalam Islam, menjaga kebersihan adalah suatu tuntunan yang diajarkan. Seperti dikatakan dalam hadits riwayat Baihaqi, “Agama Islam itu adalah agama yang suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang suci.”

Biasakan Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

Kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga turut membantu pencegahan terhadap penyakit Tifus. Selain memastikan makanan yang dimakan bersih dan higienis, sebelum makan juga harus mencuci tangan.

Sedangkan dalam Islam, kebiasaan mencuci tangan lagi-lagi telah menjadi tuntunan. Hal ini tercantum dalam hadits riwayat Ahmad, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan tangannya masih bau daging kambing dan belum dicuci, lalu terjadi sesuatu, maka janganlah dia menyalahkan kecuali dirinya sendiri.”

Untuk hadits soal mencuci tangan sebelum makan, belum ditemukan satupun hadits shahih, hadits yang ditemukan hanya berstatus hasan. Seperti dijelaskan oleh Imam Baihaqi dalam Adabus Syar’iyyah, “Hadits tentang cuci tangan sebelum makan adalah hadits yang berstatus hasan, tidak ditemukan hadits yang shahih tentang cuci tangan sebelum makan.”

Lakukan Vaksinasi

Kekhawatiran soal Tifus ini telah sampai ke Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut data dari WHO menemukan 20 juta orang di seluruh dunia terserang Tifus dan 160 ribu di antaranya meninggal dunia. Mereka pun menyarankan langkah pencegahan juga dengan melakukan vaksinasi. “Kalau perlu seseorang juga bisa melakukan vaksin,” tekan Kepala Instalasi Rawat Jalan RSU Muhammadiyah Ponorogo itu.

Tifus seolah penyakit yang sepele. Jika tak segera disembuhkan bisa menimbulkan kematian. Pencegahan sudah seharusnya dilakukan sebelum terlambat.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here