Mukisi.com-Sama halnya dengan ibu hamil, ibu menyusui pun membutuhkan asupan yang tak kalah bergizi dari yang dikonsumsi ketika hamil. Lalu, apa saja makanan yang bergizi untuk ibu menyusui ? mari kita simak ulasan di bawah ini.

Seorang ibu yang menyusui harus berpikir berulang kali sebelum memutuskan makanan apa yang ingin dimakan. Karena, dari makanan yang ia makanlah, gizi buah hatinya ikut terpenuhi.

“Menambah kalori dari makanan tidak bernutrisi seperti camilan manis, junk food, tidak akan bermanfaat untuk ibu dan bayi,” ujar Linda M Hanna, Koordinator Program Edukasi Laktasi dan Prenatal di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles dikutip dari kompas.

Jika ibu menyusui tidak memakan makanan yang bernutrisi, bayi akan jarang buang air besar. Ini pertanda, bayi tidak mendapat cukup makanan bernutrisi. Agar tidak demikian, berikut adalah daftar asupan bernutrisi yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Gandum Utuh dan Nasi Merah

Gandum utuh dan nasi merah sama-sama asupan yang tergolong memiliki karbohidrat kompleks. Makanan jenis ini memiliki manfaat yang baik bagi ibu dan bayi. Karena, dalam makanan ini juga mengandung asam folat. Makanan ini juga di rekomendasikan oleh American Academy of Pediatrics.

Adapun selain manfaat itu, mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks dapat membantu ibu dalam menjaga berat badan. “Karbohidrat kompleks merupakan salah satu cara menurunkan berat badan paling sukses selama menyusui. Cara ini membantu ibu menurunkan berat badan tanpa mengorbankan produksi ASI,” kata Hanna.

Telur dan Ikan

Cukupi kebutuhan protein makanan ibu menyusui dengan daging dan telur. Telur mengandung vitamin D yang berperan sebagai pembentuk tulang bayi. Pilihlah telur yang diperkaya DHA untuk mendapatkan kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi.

Dapatkan juga protein melalui konsumsi ikan, sedikitnya dua porsi seminggu. Pilihlah ikan yang kaya akan DHA, seperti salmon. DHA sendiri selain bagus untuk perkembangan sistem syaraf bayi, juga berperan mengurangi stres pasca melahirkan bagi sang ibu. “Sebisa mungkin seimbangkan asupan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak dengan sedikit gula dan camilan manis,” tambah Hanna.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memiliki aneka mikronutrisi yang berperan penting dalam perkembangan ibu dan anak. Serat dalam kandungan buah dan sayuran sangat baik bagi sistem pencernaan ibu menyusui. Konstipasi sebagai keluhan paling umum setelah melahirkan bisa diatasi dengan konsumsi buah dan sayuran yang cukup. Pastikan buah dan sayuran yang Anda konsumsi bebas dari pestisida.

Selain mengandung mikronutrisi, beberapa sayuran juga mengandung kalsium. Konsumsi kalsium untuk ibu menyusui yang disarankan oleh American Academy of Pediatrics sebesar 1.000 mg per hari.(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here