Mukisi.com – Gatal di telapak tangan ternyata tak selalu disebabkan penyakit kulit. Bisa jadi gatal di tangan adalah tanda-tanda penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa.

Hal ini, perlu diketahui oleh masyarakat karena selama ini penyakit gatal dianggap sebagai hal yang lumrah dan bukan merupakan sebuah kondisi yang harus di khawatirkan. Namun, jika seseorang mengalami gatal di telapak tangan dan disertai dengan gejala yang lain, maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan yang berbahaya dan perlu untuk diwaspadai.

Dr. Marianti salah satu tim alodokter.com mengatakan, “Ada banyak penyakit yang dapat memicu gatal di telapak tangan, di antaranya adalah penyakit psoriasis, eksim, kudis, gangguan saraf, hingga penyakit yang berkaitan dengan organ dalam,” katanya.

Penyakit Psoriaris adalah salah satu penyakit yang dapat memicu gatal pada telapak tangan, yaitu sebuah penyakit auto imun jangka panjang atau kronis yang terjadi karena menumpuknya sel-sel kulit di permukaan kulit.  Yang menjadi gejala penyakit ini adalah gatal di telapak tangan, ruam merah, kulit terkelupas, serta gatal dan perih di beberapa bagian tubuh seperti siku, lutut, punggung dan wajah.

Yang paling menakutkan adalah gatal di telapak tangan tersebut dikarenakan adannya penyakit organ dalam, yakni penyakit liver, gagal ginjal, anemia, defisiensi besi, gangguan tiroid serta kanker termasuk leukimia dan limfoma. Selain gejala gatal di telapak tangan, ada banyak gejala lainnya yang mendasari berbagai penyakit dalam tersebut, tetapi harus dengan bantuan dokter agar diagnosis penyakit tersebut bisa lebih tepat.

Seseorang yang mengalami gatal di telapak tangan lebih dari dua minggu harus memeriksakan kondisinya ke dokter. Apalagi ada gejala lain seperti berat badan turun, perubahan kebiasan buang air besar, sulit tidur serta demam dan kelelahan. Agar dokter dapat memastikan ada tidaknya sebuah penyakit yang berkaitan dengan kondisi tersebut serta dapat segera dilakukan penanganan yang tepat sebagai usaha penyembuhan. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here