Mukisi.com-Setelah bermunculan kendaraan bermotor dengan harga yang murah dan sejalan dengan kondisi ekonomi masyarakat yang semakin membaik, membeli kendaraan bermotor bukan merupakan sebuah hal yang sulit, apalagi kini ada pembelian kendaraan dengan sistem kredit. Namun, secara tidak sadar dalam aktivitasnya sehari-hari, masyarakat lebih sering menggunakan kendaraan dalam segala aktivitasnya daripada harus berjalan kaki, padahal berjalan kaki memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Dilansir dari alodokter.com berjalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seseorang, salah satunya adalah manfaat bagi kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan, saat berjalan kaki sirkulasi darah dan denyut jantung akan meningkat sehingga jantung dapat lebih kuat dan sehat.

Untuk mendapatkan manfaatnya dr. Kevin Adrian salah satu tim alodokter mengungkapkan “Manfaat dari berjalan kaki dapat dirasakan ketika seseorang melakukan kegiatan berjalan kaki tersebut dengan rutin. Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam satu hari. Namun, ketika belum terbiasa dan agar tubuh tidak kaget, cobalah berjalan kaki 10 menit kemudian ditingkatkan  setiap harinya,” ungkapnya

Selain itu, menurut dr. Kevin, rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya akan menurunkan resiko seseorang untuk terkena penyakit diabetes tipe 2 hingga 30 persen. Hal ini dikarenakan kemampuan otot untuk menyerap glukosa meningkat akibat aktifitas berjalan kaki tersebut memicu otot-otot tubuh untuk bekerja lebih.

Mengingat padatnya aktivitas, beban pekerjaan serta kebiasaan berkendara yang membuat seseorang lupa akan kesehatan dirinya sendiri membuat seseorang malas untuk melakukan kegiatan berjalan kaki.

“Luangkan sedikit saja waktu dalam sehari untuk berjalan kaki. Anda bisa menyiasatinya dengan memarkir kendaraan Anda lebih jauh dari kantor atau berjalan kaki selama 15-30 saat bepergian,” saran dr. Kevin

Karena selain manfaatnya terhadap kesehatan jantung dan penurun resiko diabetes tipe 2, masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan oleh seseorang dari aktifitas berjalan kaki. Diantaranya adalah mengurangi resiko terkena peyakit stroke, obesitas, radang sendi, kolesterol, serta beberapa jenis kanker.

Dari sisi psikologis, berjalan kaki juga ampuh untuk mengatasi stress akibat pekerjaan dan padatnya aktifitas harian yang dialami oleh seseorang. Hal ini dikarenan, saat berjalan kaki tubuh seseorang akan melepaskan hormon endorfin yang membuat seseorang merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas, serta depresi. Bagi seseorang yang esulitan tidur, jalan kaki merupakan sarana yang baik untuk memperbaiki mood dan membuat seseorang tertidur dengan nyenyak. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here