Mukisi.com- Tanpa sadar, banyak kebiasaan yang dianggap sepele namun merusak kesehatan, seperti ngemil di malam hari. Namun, ada juga yang kegiatan mudah yang berdampak sangat baik bagi kesehatan.

Menurut jurnal yang diterbitkan Obesity menemukan bahwa mengemil di malam hari dapat menaikkan berat badan tanpa disadari. Hal ini karena kita mengonsumsi kalori berlebihan. Yang jika diteruskan penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, strtoke, dll akan mengancam.

Meski demikian, ada kebiasaan mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dikutip dari detik.

Minum Air Putih

Kebiasaan termudah yang dimulai dari meminum air putih. Minum dua gelas air putih sebelum makan dapat membuat tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu fungsi tubuh pun akan berjalan dengan maksimal. Selain itu, meminum air putih juga memiliki manfaat menurunkan berat badan.

Fakta tersebut berdasarkan dari The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism. Dalam jurnal tersebut mengungkap bahwa orang-orang yang meningkatkan konsumsi minum air putih hingga 1,5 liter per hari, dapat membantu membakar sebanyak 17.400 kalori.

Cuci Tangan

Mencuci tangan adalah hal mudah yang sering kita lakukan sebelum makan. Membutuhkan waktu kurang lebih 20 detik untuk benar-benar bersih dari kuman. Saat mencuci tangan juga dapat menggunakan cairan antiseptik agar lebih efektif membersihkan kuman.

“Menjaga tangan bersih dan bebas kuman merupakan lini pertahanan pertama kamu melawan penyakit,” kata dr. Roshini Raj dari NYU Medical Center.

Selain itu, mencuci tangan dalam Islam juga sebagian adab yang diajarkan. Adabnya mencuci tangan setelah makan. Seperti dalam hadits  riwayat Ahmad, dari Abu Hurairah yang berbunyi, “ Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah makan belikat kambing. Sesudah selesai makan beliau berkumur-kumur, mencuci dua tangannya baru melaksanakan shalat.”

Regangkan Badan dan Berdiri Sejenak

Bagi pekerja kantoran, Anda pasti menghabiskan sebagian besar waktu kerja dengan duduk. Jika duduk terlalu lama dapat menyebabkan pinggul dan badan terkunci kaku. Melakukan peregangan selama 30 detik dapat mengurangi rasa kakunya.

Kemudian, berdirilah sejenak. Duduk lama memang membuat tubuh terasa kaku. Hal ini juga memicu timbulnya stress kerja dan risiko kesehatan lain. Berdiri sejenak dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Peluk Seseorang

Berbagai masalah kesehatan dapat diperparah dengan adanya stress. “Kebanyakan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, obesitas, insomnia, depresi, diabetes, penuaan dini bahkan kanker dapat diperparah dengan stress,” ungkap Kayleigh Pleas, Pelatih Kesehatan dari Tournesol Wellness.

Berpelukan mampu melepaskan hormon oksitoksin yang mengaktifkan respon tubuh dalam melawan stress. Ini akan membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi risiko terserang penyakit.

Kebiasaan mudah di atas dapat dilakukan mulai sekarang. Agar kualitas kesehatan kita meningkat dan tubuh tak rentan terserang penyakit. (ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here