Mukisi.com- Ruang terbuka hijau atau yang biasa disingkat RTH yang kini sudah mulai jarang terlihat di kota ternyata tak hanya dapat memanjakan mata, namun juga memberikan manfaat yang signifikan untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan jantung.

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, banyak faktor yang menentukan lingkungan sehat. Hal tersebut meliputi ketersediaan transportasi umum, ruang terbuka hijau, kelengkapan layanan kesehatan, hingga sarana pendidikan yang layak.

Memiliki space khusus untuk ruang terbuka hijau diyakini beberapa ahli kesehatan dapat bermanfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun psikologis.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis Journal of the American Heart Association, tinggal di lingkungan dengan banyak ruang terbuka hijau bisa berdampak baik terhadap kesehatan jantung.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa lingkungan yang padat pepohonan, semak-semak, atau vegetasi hijau lainnya mungkin baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah,” kata Aruni Bhatnagar, salah satu peneliti sekaligus direktur Pusat Diabetes dan Obesitas di Universitas Louisville, Amerika Serikat dalam WebMD.

Penelitian tersebut meneliti efek lingkungan yang memiliki banyak ruang hijau terbuka selama lima tahun terhadap orang-orang yang melakukan rawat jalan di klinik kardiologi Universitas Louisville.

Sebagian besar partisipan berisiko mengalami penyakit kardiovaskular. Selama rentang waktu penelitian, para peneliti mengumpulkan sampel darah dan urine dari 408 orang, dari usia, etnis, dan level sosio-ekonomi yang berbeda-beda.

Para peneliti kemudian menilai sampel tersebut sebagai penanda kerusakan pembuluh darah dan risiko penyakit kardiovaskular. Para peneliti juga mengukur kepadatan ruang hijau terbuka yang tersedia dengan tingkat polusi di mana para peserta tinggal.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa lingkungan tempat tinggal dengan lebih banyak vegetasi, orang-orangnya memiliki level epinefrin yang lebih rendah dalam urinenya, yang mana ini merupakan indikasi tingkat stres yang lebih rendah.

Memperbaiki Psikologis Seseorang

Berada di taman atau ruangan yang memiliki tanaman akan lebih menenangkan pikiran dan dapat memperbaiki mood. Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), sebagaimana dikutip dari Hellosehat, terdapat beberapa manfaat  dari adanya space khusus untuk tanaman di rumah terhadap kondisi psikologis dan kognitif seseorang.

Manfaat positif tersebut di antaranya adalah meningkatkan rasa kepercayaan diri mengurangi stress dan kecemasan, merasakan kebugaran, membantu menenangkan pikiran dan membuat optimis, meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta meningkatkan kemampuan mengingat. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here