Mukisi.comNyeri pada tulang ekor memang akan sangat mengganggu aktivitas harian. Namun dengan cara berikut, Anda kini punya jurus ampuh untuk meredakan nyeri tulang ekor, salah satu caranya ada pada ajaran Islam, yakni rajin shalat.

Penyebab dari nyeri tulang ekor sangat beragam. dr. Hendrico Sitorus, SpKFR, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSIA Hermina Bogor mengatakan bahwa terlalu lama duduk, salah posisi duduk dan terjatuh adalah beberapa faktor yang memicu nyeri pada tulang ekor.

“Ini jika tidak dilakukan tindakan maka dapat menyebabkan rasa sakit dan kelainan postur tulang,” paparnya dalam tayangan dr. OZ Indonesia.

Melakukan Peregangan

Penelitian yang diterbitkan pada Journal of Bodywork and Movement Therapies, dilansir dari hellosehat, menemukan fakta bahwa peregangan membantu meredakan rasa sakit saat duduk. Selain itu, peregangan juga membantu meningkatkan jumlah tekanan yang bisa ditahan di punggung bawah agar tak mudah sakit.

Adapun gerakan yang dilakukan sebaiknya difokuskan pada tulang belakang, otot piriformis (otot di bokong yang membentang ke paha bagian atas), dan iliopsoas (otot di daerah pinggul). Meregangkan ligamen yang melekat pada tulang ekor membantu mengurangi ketegangan otot di bagian tersebut.

Kompres dengan Es

dr. Damar Upahita, pengajar di sebuah lembaga Persiapan Ujian Kompetensi Dokter ‘Optima Preparation’ mengatakan kompres es bisa membantu meredakan rasa nyeri di tulang ekor akibat cedera atau trauma.

Sensasi dingin pada es sangat efektif membantu mengurangi peradangan di awal cedera. Jika peradangan ini sudah diredakan di awal, biasanya rasa sakit di hari-hari selanjutnya tidak akan terlalu menusuk.

Caranya, bungkus es batu dengan handuk kemudian diletakkan di bagian yang terasa sakit. “Anda juga bisa menggunakan kompres es plastik (cold pack) yang dijual bebas di pasaran,” paparnya dalam hellosehat.com.

Rajin Shalat

Rima Khasawneh, M.D.Assistant Professor Pediatrics di University Nebraska Medical Center, Omaha, Nebraska, mengatakan dalam laman Republika bahwa terdapat penelitian yang membuktikan bahwa shalat dapat memperbaiki postur tulang jika dilakukan dengan benar. Shalat yang dilakukan lima kali sehari itu dinilai baik untuk tulang punggung.

Menurut hasil analisis, posisi sujud ternyata dinilai meningkatkan elastisitas sendi. Jika dilakukan sekali saja sehari, manfaatnya bisa terasa langsung. Apalagi jika dilakukan lebih sering.

“Lebih jauh, penelitian mengindikasi ada hubungan kuat antara shalat dengan gaya hidup sehat,” katanya. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here