Mukisi.com – Kata orang, tertawa itu menyehatkan. Namun, jika berlebihan, tertawa justru membahayakan, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Dilansir dari hellosehat.com, Dr. Martin Samuels seorang profesor neurologi di Harvard Medical School mengatakan bahwa hormon kimia adrenalin akan dilepaskan oleh otak ketika seseorang tertawa, jika terlalu banyak maka hal tersebut akan membahayakan jantung.

Ia menjelaskan bahwa keadaan saat menguatnya emosi baik positif maupun negatif akan membahayakan jantung seseorang jika berlebihan. Tertawa berlebihan, dapat mematikan karena detak irama jantung menjadi abnormal dan membahayakan jantung seseorang.

Dr. Martin juga menjelaskan, “Efek dari perasaan yang sangat ekstrem baik sedih, menangis maupun tertawa, pada dasarnya dapat mengaktifkan bagian otak yang dapat berpengaruh kepada pernafasan, dan akhirnya menyebabkan kematian,” jelasnya.

Selain itu, tertawa berlebihan tersebut juga dapat berpengaruh terhadap paru-paru. Salah satunya adalah penyakit pneumotoraks yang terjadi karena ada penimbunan udara pada dinding pleura sehingga hal tersebut dapat memicu pengempisan paru-paru. Di sisi lain, bagi penderita asma, tertawa berlebihan akan menyebabkan kambuhnya serangan asma yang dapat menyebabkan pingsan.

Selanjutnya, ketika hormon adrenalin yang disebabkan tertawa seseorang tidak dapat dikendalikan oleh otak dan sistem pernapasan, maka yang terjadi ialah melebarnya pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan pecahnya aneurisma akibat tekanan pada tengkorak otak akibat tertawa.

Hernia juga merupakan salah satu penyakit yang dapat disebabkan oleh tertawa berlebihan. Hal ini dikarenakan terjadinya kontraksi otot yang menyebabkan tekanan yang kuat pada dinding perut akibat tertawa, alhasil usus juga akan ikut tertekan dan menonjol di bagian bawah perut.

Memang, orang yang menderita penyakit hernia dapat beraktivitas secara normal, namun ia harus lebih banyak menghindari untuk tertawa karena pada saat tertawa penderita hernia akan meningkatkan kemungkinan komplikasi dan kurangnya pasokan darah ke usus yang akan menyebabkan kematian.

Di balik pembuktian-pembuktian medis yang telah dilakukan para ilmuan, Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam telah memperingatkan umatnya untuk tidak tertawa berlebihan. Beliau bersabda yang artinya, “Janganlah banyak tertawa. Sesungguhnya banyak tertawa akan mematikan hati,” (HR. Tirmidzi)

Telah jelas segala petunjuk bagi setiap orang dalam menuju keselamatan baik dunia maupun akhirat. Untuk itu sebagai seorang muslim, mematuhi segala perintah dan larangan Allah dan RasulNya adalah sebuah keniscayaan yang tentu saja akan berdampak baik pada diri dan lingkungannya. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here