Mukisi.com-Diskursus keberkahan pelayanan kesehatan syar’i akan dibahas dalam acara 2nd International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) Maret mendatang. Secara khusus, dalam 2nd IHEX akan ada sesi diskusi yang mengupas tuntas tentang keberkahan Rumah Sakit (RS) Syariah di era kebangkitan. Pembicara-pembicara hebat dari Kemenag, Kemenkes dan beberapa institusi lainnya pun didatangkan.

Diskusi tersebut antara lain membahas tentang apa saja keberkahan dan keberlimpahan yang dapat diraih oleh RS Syariah di era kebangkitan ummat. Hal ini merupakan kebalikan dari disruption yang berbicara tentang saling ‘menghancurkan’ dan ‘memperebutkan’. Keberkahan justru berbicara tentang bagaimana seluruh elemen saling ‘mendukung’ dan ‘memuliakan’.

Keberkahan tersebut akan diwujudkan dalam bentuk kolaborasi antarinstutusi yang relevan dengan kesehatan, baik pemerintah maupun non pemerintah.

“Kita berikhtiar mengadakan kegiatan untuk mempertemukan segenap komponen ummat yang memiliki perhatian pada pembelaan ummat melalui upaya kesehatan,” papar dr. Mayshudi selaku Ketua Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indoensia (Mukisi).

Oleh sebab itu, seluruh instutusi yang relevan dengan kesehatan akan hadir dalam diskusi di 2nd IHEX mendatang. “Yang terkait dengan petugas kesehatan, perbankan syariah, puskesmas, dan lainnya kita akan diskusi bersama. Seperti tahun lalu, hasil dari diskusi selalu kita follow up (tindaklanjuti),” papar dr. Burhanuddin Hamid Darmadji, MARS selaku Ketua panitia 2nd IHEX 2019.

Dikatakan oleh Dokter Burhan, upaya tahun ini untuk mewujudkan pelayanan kesehatan syar’i akan lebih konkret daripada tahun lalu. Sebab di tahun ini, 2nd IHEX akan melakukan kolaborasi, tak sekadar konsolidasi seperti pada 1st IHEX 2018.

“Rencananya kita sampaikan hasil diskusinyanya untuk benar-benar dikolaborasikan. Kalau tahun lalu kita baru konsolidasi,” imbuhnya.

Ust. Abdul Somad, Lc, MA, serta perwakilan dari Kemenkes dan Kemenag akan menjadi pembicara dalam diskusi tersebut.

“Ustadz Abdul Somad, pada IHEX besok akan menyampaikan topik seputar keberkahan rumah sakit syariah di era kebangkitan ummat dan bangsa,” lanjut dr. Masyhudi.

Juga Komisi IX DPR RI yang hadir untuk membahas mengenai upaya menuju jaminan kesehatan nasional yang sesuai dengan prinsip syariah.

Dalam acara 2nd IHEX , para peserta akan bersama-sama belajar tentang Pelayanan Kesehatan Halal Industri Negara lain, seperti Brunei Darussalam dan Malaysia. Oleh karenanya penyelenggara acara berharap, di 2nd IHEX, para peserta semakin antusias untuk bersama-sama mengupayakan pelayanan kesehatan yang baik dan sesuai syar’iah. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here