Mukisi.com – Demam Berdarah (DB) adalah penyakit akibat virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegepty dan menginfeksi orang yang terkena gigitan nyamuk tersebut. Penyakit DB ini adalah penyakit musiman, yang biasanya ditemui pada musim penghujan. Namun, siapa sangka kurma dan jus jambu dapat membantu untuk menjadi pertolongan pertama bagi penderita DB.

Dilansir dari detik.com Dr. Rita Kusriastuti, MSc menuturkan “Demam berdarah tidak ada obatnya, tapi hanya bermain cairan,” ujar Direktur Pengendalian Penyakit bersumber Binatang (P2B2) Ditjen P2PL Kemenkes RI dalam acara peringatan pelaksanaan Asean Dengue Day ke-2 di Amilun Convention Hall, Medan, Jumat (15/6/2012).

Pemberian cairan yang cukup dilakukan karena virus yang menyebabkan demam berdarah tersebut akan menyebabkan kebocoran pembuluh darah sehingga trombosit akan terus menerus turun. Untuk itu, penderita DB harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya agar trombosit tidak terus menerus turun.

Selanjutnya Dr. Rita memaparkan bahwa sari kurma dan jus jambu sangat penting diberikan sebagai bentuk pertolongan pertama bagi penderita DB, karena asupan cairan bagi pengidab DB adalah suatu hal yang sangat penting, kemudian tinggal dilakukan pemantauan pada hari ketiga dan kelima yaitu saat masa kritis.

“Pada hari kelima trombosit akan naik sendiri meski hanya minum air putih, karena tubuhnya sudah bisa memperbaiki diri sehingga kadar trombositnya naik. Tapi kalau virusnya ganas maka kebocoran bisa parah dan harus dirawat di rumah sakit,” ungkapnya.

Kurma sendiri, sudah menjadi asupan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam. Setiap pagi hari Nabi Muhammad memiliki kebiasaan memakan 7 butir kurma masak. Dalam hal ini ternyata kebiasaan Nabi Muhammad memaan kurma tersebut telah terbukti dalam dunia kedokteran modern mengenai manfaatnya terhadap kesehatan.

Selain bermanfaat bagi penderita DB mengonsumsi 7 butir kurma di pagi hari dapat melindungi seseorang dari racun dan sihir sesuai dengan sabda Rasulullah yang artinya “Barangsiapa pagi hari memakan tujuh butir kurma maka dia tidak akan terkena racun dan sihir.” (HR. Bukhari)

Hal tersebut juga sesuai dengan firman Allah Subhanahu wa ta ala dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab Ayat 21 yang artinya ““Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah,”. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here