Mukisi.com– Mata memang bukan segalanya. Namun tanpanya, hidup akan serasa hampa. Jika penglihatan mata terganggu, manusia akan kesulitan beraktivitas. Memilih asupan yang tepat akan membuat mata lebih sehat.

“Nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan omega-3 serta lutein adalah nutrisi penting untuk mata,” kata Francesca Marchetti, ahli perawatan mata professional dari Eye Care Advisory Panel WINK dikutip dari mirror.co.uk.

Berikut beberapa asupan yang membantu memperbaiki penglihatan mata dikutip dari situs yang sama.

Sayuran dan Buah-buahan Berwarna Oranye

Tak hanya wortel, semua buah maupun sayur yang berwarna oranye baik untuk mata.  Warna oranye yang mereka dapatkan berasal dari kandungan betakaroten di dalamnya. Menurut The American Heart Association, kandungan betakaroten lebih baik di dapat pada makanan segar ketimbang suplemen.

Kemudian, manfaat betakaroten sendiri menurut dr. Josh Axe di laman pribadinya draxe.com di antaranya memiliki antioksidan yang baik, bermanfaat baik untuk kehamilan, melindungi kulit, melindungi mata dan meningkatkan kesehatan pernapasan.

Sayuran Hijau

Kandungan pada beberapa sayuran hijau juga memiliki manfaat untuk mata. Misalnya kandungan zeaxanthin dan lutein pada bayam. Kandungan tersebut dapat menurunkan risiko gangguan penglihatan mata.

Bedasarkan studi dari American Journal of Clinic and Nutrition,      konsumsi lutein dan zeaxanthin dalam keseharian dapat membantu memperbaiki penglihatan mata serta mengurangi risiko terserang Age-related Macular Degeneration (AMD). Contohnya saja, katarak.

Ikan-ikanan

Selain sayuran, hasil hewani dari laut terbukti juga membantu memperbaiki penglihatan. Tuna, makarel, salmon, adalah ikan-ikan yang sangat baik dikonsumsi untuk mata. Mereka memiliki kandungan DHA (asam docosahexaenoic) yang mana kandungan tersebut juga dapat ditemui di retina mata.

Jika mata kekurangan asam tersebut dapat menyebabkan mata kering dan berbagai gangguan mata lain. Sementara itu, dalam studi The US National Eye Institute mengatakan omega-3 dalam ikan juga dapat melindungi mata dari AMD.

Kacang-kacangan

Kandungan dalam kacang-kacangan juga memiliki kandungan yang baik untuk penglihatan. Kacang yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah Almond. Kacang ini kaya akan kandungan vitamin E.

Kandungan ini dapat memperlambat katarak pada mata yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

“Mengonsumsi asupan kaya omega-3 baik untuk mata. Seperti ikan-ikanan dan juga pada beberapa kacang-kacangan dan sayuran hijau,” papar Johanna Seddon, MD, dari New England Eye Center and Tufts University School of Medicine.

Mata ternyata juga tak luput dari penyakit. Asupan yang dikonsumsi setiap hari dapat berperan membantu penglihatan mata menjadi lebih baik. Selain itu, dalam Islam bukan hanya kesehatan mata juga yang harus diperhatikan. Apa yang dipandang juga harus diperhatikan.

Seperti dikutip dalam Al Quran surat An Nur:24 yang berbunyi, “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman,’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here