Mukisi.com-Bagi orang lanjut usia, asam urat adalah penyakit yang sering terjadi. Rasa sakit yang sangat menghambat aktivitas pada seseorang. Agar asam urat tak semakin parah dan menghambat aktivitas perlu mengonsumsi beberapa asupan khusus. Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Air Putih

Air putih sudah terbukti sejak lama menjadi penyembuhan alami bagi sebagian besar penyakit. Air dapat membantu mengeluarkan racun dan purin atau asam urat berlebih dalam tubuh. “Meminum 5 hingga 8 gelas air putih dalam sehari dapat membantu mengurangi risiko asam urat,” kata Tuhina Neogi, MD, PhD, Assistant Professor of Medicine dari Boston University School of Medicine dikutip dari situs WebMD.

Berries

Studi telah membuktikan bahwa buah-buahan berries seperti stroberi, ceri, raspberi, blackberi dan lainnya memiliki zat anti-peradangan bernama Anthocyanis. Zat ini dapat membantu mengurangi risiko asam urat. Zat ini bekerja dengan mengurangi akumulasi asam urat atau pengendapan asam urat di persendian. Dengan mengonsumsi 200 gram buah ceri per hari dapat membantu menurunkan risiko asam urat. Selain manfaat tersebut, buah ceri juga dapat menetralkan asam dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit serta peradangan.

Apel

Apel memiliki zat asam yang dinamakan malic acid. Dengan mengonsumsi satu apel sehari akan mengurangi risiko dari asam urat. Seperti dikatakan dr. Nikunj Gupta dalam situs lybrate.com bahwa malic acid dalam apel dapat membantu menetralisasi asam urat, selain itu kadar air yang tinggi dalam apel juga membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Makanan Kaya Vitamin C

Selain asupan tersebut, memilih makanan yang kaya vitamin C terbukti mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.Mengutip dari WebMD, Hyon K. Choi, MD, seorang peneliti dari Boston University School of Medicine mengungkap bahwa makanan yang kaya vitamin C dapat mencegah penyakit asam urat. “Makanan yang kaya vitamin C membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh, asam urat yang terlalu banyak dalam tubuh dapat menimbulkan peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada penyakit asam urat,” ungkapnya.

Mengonsumsi tidak lebih dari 2.000 milligram suplemen vitamin C adalah cara aman dan efektif mencegah penyakit asam urat.

Asupan-asupan di atas sangat mudah ditemukan. Kunci dari mengobati asam urat adalah mengubah pola makan. Kebanyakan penderita asam urat tak sadar bahwa makanan sehari-harinya dapat memperparah keadaan asam uratnya.

Dilansir dari Pharmacy Times, bagi penderita asam urat perlu membatasi konsumsi alkohol, makanan manis, dan mengurangi makanan kaya purin seperti daging, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Asupan sehat dan anjuran berpola makan sehat juga telah tercantum dalam Al Quran surat ‘Abasa: 24-32 yang berbunyi, “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya, Kami-lah yang telah mencurahkan air melimpah (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu di sana Kami Tumbuhkan biji-bijian, dan anggur dan sayur-sayuran, dan zaitun dan pohon kurma, dan kebun-kebun (yang) rindang, dan buah-buahan serta rerumputan. (Semua itu) untuk kesenanganmu dan untuk hewan-hewan ternakmu.”(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here