Mukisi.com– Bagi seorang muslim, tersenyum adalah perintah agama. Senyum ternyata mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya menjauhkan diri dari depresi. Berikut ini penjelasannya.

Senyum yang dapat berpengaruh adalah sebuah senyum dengan emosi positif, bukan senyuman karena keterpaksaan yang memaksakan mulut dan otot-otonya untuk tersenyum tanpa memberikan dampak dan makna positif apapun.

Dilansir dari detik.com, Dr. Suzy Green, seorang pakar psikologi dari University of Sydney mengungkapkan, “Mereka yang dengan mudah mengeluarkan senyum tulus memiliki sikap yang lebih positif terhadap kehidupan,” ungkapnya

Seperti halnya seorang pasien yang menderita ganguan psikologis, sebuah senyuman merupakan sebuah terapi yang baik untuk dilakukan karena senyuman termasuk ke dalam bentuk dialectical behaviour therapy (DBT).

“Senyuman membuat mereka lebih jarang stres dan berisiko kecil mengalami depresi, dua hal yang kita ketahui bersama merupakan pangkal dari penyakit di zaman modern,” lanjut dr. Green

Dalam hal ini, menurut dr. Ahmad Muhlisin salah satu tim medis dari mediskus.com, membeberkan bahwa ada banyak penyakit – penyakit yang bersumber dari stress, mulai dari yang ringan hingga yang berat, misalnya, sakit kepala, flu, sindrom kelelahan kronis, gangguan tidur, masalah kesuburan, sakit punggung, obesitas, gangguan pencernaan, diabetes, hingga penyakit jantung.

“Kenapa stress menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung?, sebab tekanan darah dapat dipengaruhi oleh stress, denyut jantung akan meningkat dan akan terjadi pelepasan kolesterol dan trigliserida ke dalam aliran darah akibat dari stress tersebut sehingga dapat terjadi hipertensi yang berujung pada serangan jantung atau stroke. Selain itu, stress juga dapat mempengaruhi sistem imun dan asam lambung, yang menyebabkan berbagai penyakit yang telah disebutkan diatas,” Jelasnya

Di sisi lain, jika dilihat dari kacamata islam, senyuman terhadap sesama muslim itu bernilai ibadah. Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya, “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.“ (HR Bukhari)

Untuk itu, mulailah hari-hari dengan senyuman yang ikhlas untuk menjadi pribadi yang lebih positif, karena budaya senyum merupakan anugerah yang luar biasa indah yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam dan umatnya dan berbuah manis terhadap kelangsungan hidup manusia. Wallahu ‘alam bissawab. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here