Mukisi.com-Plak gigi, selain mempengaruhi keindahan dan kebersihan gigi, juga berbahaya bagi kesehatan gigi, salah satunya menyebabkan gigi berlubang. Lalu bagaimana cara mencegah plak pada gigi?

Plak gigi adalah lapisan bakteri yang lengket. Kadang terlihat, kadang pun tak terlihat pada gigi. Baik di gigi bagian atas maupun bawah hingga di bawah garis gusi. Plak jika dibiarkan dapat menumpuk dan mengeras membentuk karang gigi. Jika sudah demikian, berbagai permasalahan mulut akan datang.

Ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah plak dan tumbuhnya karang gigi. Mari kita simak ulasannya.

Sikat Gigi 2 kali Sehari dengan Benar

Menyikat gigi sudah harus menjadi kebiasaan. Ini adalah satu cara sederhana agar bakteri yang membuat plak gigi tak semakin tumbuh. Dikatakan oleh Dr. Nadia Armentrout, DDS, dikutip dari WebMD, waktu yang paling penting untuk menyikat gigi adalah saat sebelum beranjak tidur malam.

“Tanpa menyikat gigi saat itu, plak gigi akan tumbuh semalaman,” katanya.

Selain itu, pakailah sikat dengan bulu yang halus. Kemudian, juga jangan lupa untuk mengganti sikat gigi Anda 3-4 bulan sekali.

Bersihkan Sela-sela Gigi

Sela-sela gigi juga perlu dibersihkan. Sikat gigi tidak mudah menjangkau sela-sela gigi. Oleh karena itu, alat pembersih gigi lain seperti benang gigi juga diperlukan.

“Hanya menyikat gigi tak bisa menghilangkan plak yang ada di sela-sela gigi,” kata Dr. Atusha Patel, DMD, seorang anggota American Dental Association melansir dari situs yang sama.

Pastikan, Anda membersihkan sela gigi dengan benang gigi minimal sekali sehari.

Berkumur dengan Mouthwash

Setelah sikat gigi dan membersihkan sela gigi dengan benang gigi, berkumur dengan mouthwash juga perlu. Pilihlah mouthwash yang sesuai. “Mouthwash yang saya rekomendasikan adalah yang sesuai dengan kebutuhan pasien,” kata Armentrout.

Karena, ada beberapa mouthwash yang membuat mulut terasa kering. Jika mulut terasa kering, plak akan semakin bertumbuh dan sulit dibersihkan. Ada baiknya berkonsultasi kepada dokter gigi terlebih dahulu sebelum memilih mouthwash.

Kurangi Makanan Manis dan Asam

Dalam keseharian, makan makanan manis dan asam memang tidak bisa dihindari. Tapi, hal kecil inilah yang dapat membuat plak pada gusi maupun gigi. Bakteri yang ada dalam mulut akan memakan sisa makanan manis yang tertinggal di sela gigi.

Jika sudah begitu akan membuat plak bertumbuh. Dikatakan oleh Patel, makanan yang manis dan asam dapat menyebabkan pembusukan pada gigi. Karena itu, hindarilah makan makanan yang terlalu manis maupun asam.

Meminum air putih juga menjadi cara terbaik untuk menghilangkan sisa makanan manis maupun asam. Selain itu, juga menjaga kelembaban mulut agar plak tak bertumbuh dengan cepat.

Plak gigi menjadi ancaman bagi orang yang malas merawat gigi. Padahal Rasulullah sendiri selalu rajin membersihkan gigi. Seperti dalam hadits riwayat Bukhari disebutkan bahwa Nabi selalu membersihkan gigi dengan siwak saat beliau bangun dari tidurnya.

Selain meniru kebiasaan Rasulullah, nyatanya Allah juga mencintai kebersihan. Merawat dan membersihkan gigi dapat membuat seseorang lebih dicintai oleh Allah. Seperti dalam hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.”(ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here