Mukisi.com– Udara dingin di pagi hari membuat sebagian besar orang berfikir dua kali untuk mandi, apalagi sebelum shubuh. Padahal mandi sebelum shubuh memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah meminimalkan resiko darah tinggi.

Dikutip dari voa-islam.com, manfaat mandi sebelum shubuh dapat melancarkan peradaran darah. Lancarnya peredaran darah tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang, karena dapat terhindar dari tekanan darah tinggi yang dapat sebabkan stroke dan penyakit jantung.

Hasil dari penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah. Dalam penelitiannya WHO mengungkapkan bahwa kematian akibat penyakit kardiovaskuler terjadi setiap dua detik saja.

Kesemutan, kurang energi, cepat lelah dan proses penyembuhan luka yang lama adalah gejala yang perlu diwaspadai. Sedangkan gejala yang lainnya adalah nyeri kepala, sulit berkonsentrasi, pandangan kabur, telinga berdengung, keringat dingin, nyeri dada, serta pikun usia lanjut sangat perlu untuk diwaspadai dan memerlukan penanganan sesegera mungkin karena dapat berakibat fatal. Cara menanganinya adalah dengan menjaga kelancaran sirkulasi darah.

Untuk itu, sebelum hal yang buruk terjadi, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan sejak dini demi kesehatan diri sendiri.

Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD, dokter spesialis penyakit dalam dari FKUI dan RS Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karenatubuh dicambuk oleh temperature rendah.

Selain memperlancar sirkulasi darah mandi sebelum shubuh juga bermanfaat bagi kecantikan. Menurut dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan.

Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih kenyal atau lembab. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah dan kulit tampak lebih segar. (nda)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here