Mukisi.com– Beberapa studi menunjukkan bahwa ada manfaat luar biasa dari kebiasaan berjalan kaki, yaitu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Di samping itu, tauladan kita, Nabi Muhammad juga dikenal memiliki kebiasaan berjalan kaki.

Dalam beberapa keterangan disebutkan bahwa Rasulullah adalah orang yang cepat cara berjalannya. Hal ini sebagaimana ditunjukkan sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata, “Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan daripada Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

Di sisi kesehatan, berjalan kaki dikenal ampuh mencegah osteoporosis yang disebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh dan rentan. Namun dengan berjalan kaki, osteoporosis bisa dicegah.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh dr. Dadang Rukanta SpOT, MKes, dokter ortopedi di RS Al Islam Bandung. “Osteoporosis adalah kondisi di mana masa tulang menurun karena berjalannya usia. Dan berjalan kaki dapat mengerem proses pengeroposan tulang tersebut di samping hal hal lain,” paparnya.

Berjalan kaki, lanjutnya, dapat meningkatkan kepadatan tulang. “Hal ini sesuai dengan teori yang disebut “wolflaws”.  Di mana area tulang yang mendapat stress lebih besar, sel tulang akan lebih aktif sehingga kekuatannya meningkat,” imbuh dokter yang juga berpraktik di Santosa Hospital Bandung Central ini.

Menurut pemaparannya, dengan berjalan kaki, beban tubuh ditopang oleh tulang, sehingga sel-sel tulang akan lebih aktif dan tulang menjadi lebih kuat.

Ia menambahkan, dalam dunia medis ada yang disebut dengan ‘weight bearing’ atau aktivitas yang berdampak. Oleh karena itu kebiasaan berjalan kaki harus disesuaikan menurut usia masing-masing.

“Sebaiknya rutin. Untuk usia di atas 70 tahun dapat berjalan kaki secara ringan namun rutin. Sedangkan usia di bawah 70 tahun bisa jogging. Kemudian untuk usia di bawah 40 tahun bisa lari. Hal-hal demikian sebaiknya dilakukan minimal 2 kali seminggu,” kata dokter yang juga berpraktik di Apotik Jaya Abadi Bandung ini.

“Untuk mencegah osteoporosis, selain olah raga berjalan kaki, juga harus menjaga asupan kalsium dan mineral, pola hidup sehat makanan halal dan thoyib,” tutup Dadang. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here