Mukisi.com-Perhelatan bergengsi, International Islamic Healthcare Conference and Expo (IHEX) akan segera digelar. Tak heran, Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (Mukisi) menyiapkan banyak hal. Karena momentum ini untuk mengenalkan kepada khalayak, bagaimana RS Syariah sebenarnya.

IHEX 2nd ini akan diselenggarakan pada 21-23 Maret 2019 di Jakarta Convention Center dengan kerjasama dari berbagai macam sponsor yang akan diajak bekerjasama. Kemungkinan besar sebagian adalah mereka yang telah bekerjasama dengan Mukisi dalam IHEX 1st yang telah sukses digelar pada April lalu.

“Mukisi akan bekerjasama dengan FOKI dan PROKAMI untuk menggelar IHEX 2nd ini, juga akan menggaet sponsor mulai dari perbankan syariah, produk alkes, dan lainnya,” papar dr. Yahmin Setiawan, MARS, selaku yang bertanggung jawab Divisi Humas untuk IHEX 2nd ini.

Dikatakan olehnya, secara garis besar, rangkaian acara ini meliputi seminar dan workshop, expo atau pameran produk-produk halal, Mukisi Awards, presentasi paper ilmiah dan pertemuan tahunan antara Mukisi, FOKI, PROKAMI sekaligus Rakernas Mukisi. Karena yang demikianlah, Mukisi sangat benar-benar mempersiapkan acara ini mulai dari sekarang.

Seminar ataupun workshop yang akan diadakan di acara tersebut memiliki tema utama, yaitu “Keberkahan dalam Kolaborasi Penerapan Sertifikasi RS Syariah di Nusantara”. Dengan mengusung tema tersebut, Mukisi juga mengundang orang-orang yang berkompeten untuk memaparkan tema tersebut dan membuat IHEX 2nd semakin menarik dikunjungi. “Insya Allah, dalam IHEX 2nd ini akan hadir Ustadz Abdul Somad,” jelas Yahmin.

Tujuan besar Mukisi dengan menggelar acara ini diceritakan olehnya kembali, yaitu untuk menguatkan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak dalam rangka penerapan sertifikasi RS Syariah di Nusantara. Sehingga dengan begitu, semakin banyak RS yang tersertifikasi dan manfaatnya semakin dirasakan di masyarakat luas.

Mukisi Awards 2019

Kemudian, ada yang baru dalam IHEX 2nd besok. Jika pada IHEX 1st, Mukisi mengenalkan 10 rumah sakit yang telah tersertifikasi syariah, maka pada IHEX 2nd besok akan ada Mukisi Awards. Mukisi Awards adalah acara yang diselenggarakan pada IHEX 2nd ini dalam bentuk memberikan apresiasi kepada RS yang mengembangkan dan menerapkan berbagai cara dan upaya standar RS Syariah dengan semakin baik dan penuh inovasi. “Tujuan kami mengadakan ini adalah untuk memberi apresiasi dan menumbuhkan inovasi dalam penerapan standar sertifikasi RS Syariah,” papar pria yang juga anggota Divisi Aliansi Strategis Mukisi.

Mukisi tidak main-main dalam memilih juri untuk menentukan siapa yang berhak menerima apresiasi tersebut. Mereka akan mengundang berbagai pihak yang kompeten, sangat berpengalaman, dan berkomitmen dalam penerapan standar sertifikasi syariah.

“Untuk juri dalam Mukisi Awards ini sebagian besar berasal dari mitra yang selama ini bekerjasama baik dengan Mukisi,” kata Yahmin. Karenanya, IHEX 2nd ini akan menjadi agenda besar yang tak hanya mensosialisasikan rumah sakit syariah namun juga mengapresiasi kepada berbagai pihak yang telah dengan baik menerapkan standar rumah sakit syariah dan terus berinovasi.

Disamping itu, Mukisi juga sangat membuka lebar kesempatan bagi seluruh rumah sakit baik di Indonesia maupun Asia Tenggara untuk bergabung dan berpartisipasi dalam Mukisi Awards ini. Dikatakan oleh Yahmin, Mukisi juga mengundang rumah sakit di seluruh Asia Tenggara untuk berpartisipasi dalam Mukisi Awards demi terjalinnya kerjasama, sinergi, kolaborasi yang saling menguatkan di antara pegiat kesehatan Islam dunia.

Bagi rumah sakit di luar Indonesia, akan ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika mereka turut serta meramaikan Mukisi Awards. “RS akan mendapat informasi ter-update tentang penerapan sertifikasi rumah sakit syariah,” ungkapnya. Selain itu, para peserta juga dapat menjalin silaturrahim dengan para anggota Mukisi di seluruh Indonesia dan RS lain di luar negeri yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Dan juga, para peserta akan mendapat berbagai macam informasi tentang produk halal yang dibutuhkan untuk menerapkan standar syariah di rumah sakit. (ipw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here