Mukisi.com – Anda yang penasaran dengan RS Syariah dan kebetulan berdomisili di Malang atau di Jawa timur, jangan khawatir, karena setelah ini Workshop Rumah Sakit Syariah akan hadir di Kota Malang.

Workshop mengenai Rumah Sakit Syari’ah sebelumnya telah diadakan di Aceh, kemudian pada tanggal 28 sampai dengan tanggal 29 November akan diadakan kembali di kota Malang untuk melakukan sosialisasi dengan lebih komprehensif mengenai Rumah Sakit Syari’ah di Jawa Timur khususnya di Kota Malang.

dr. Burhanuddin Hamid Darmadji, MARS. Sekretaris Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) mengungkapkan bahwa workshop yang akan diadakan di Kota Malang tersebut sangat penting untuk memberikan pemahaman mengenai sertifikasi Rumah Sakit Syari’ah kepada peserta workshop.

“Kali ini workshop rumah sakit syari’ah diadakan di kota Malang. Karena, sekarang Rumah Sakit Universitas Islam Malang (UNISMA) telah berproses menuju rumah sakit syari’ah. Dalam hal ini, harapan MUKISI adalah rumah sakit yang ingin melakukan sertifikasi syari’ah memiliki tempat di UNISMA untuk kedepannya,” kata dr Burhan

Yang menarik dari workshop tersebut adalah tim standar sertifikasi syari’ah dari awal berdirinya mukisi akan menghadiri workshop tersebut untuk memberikan materi dan memberikan pemahaman mengenai rumah sakit syari’ah.

dr. Tri Ermin Fadlina, MMR, dari divisi sertifikasi RS Syari’ah, dr. Tri Wahyu Sarwiyata, M.Kes dari divisi mutu dan akreditasi MUKISI, dan dr. Burhanuddin Hamid Darmadji, MARS, akan menjadi pemateri dalam workshop yang akan diadakan di Kota Malang tersebut.

Materi yang akan disajikan oleh tim MUKISI disampaikan dengan berbagai metode, seperti diskusi dan perkuliahan, serta akan diberikan contoh dokumen-dokumen yang harus dilengkapi untuk proses sertifikasi rs syari’ah guna menunjang materi yang disampaikan.

Acara workshop yang akan diadakan di kota Malang ini memiliki tujuan untuk menarik RS di Jawa Timur khususnya di kota Malang agar tertarik dengan Rumah Sakit Syari’ah. Dalam hal ini tidak dikhususkan untuk rumah sakit islam saja, namun semua rumah sakit termasuk rumah sakit umum, rumah sakit bumn, rumah sakit swasta, dan rumah sakit yang lain.

“Yang akan kami sampaikan dalam acara workshop di kota Malang adalah mengenai sertifikasi rumah sakit syari’ah mulai dari standarisasi rumah sakit syari’ah, elemen penilaian, tahapan sertifikasi, persiapan, pra-survey, hingga survey yang akan dilakukan oleh tim MUKISI.” Ungkap dr. Burhan

Selanjutnya, tindak lanjut dari kegiatan workshop ini bersifat opsional, tergantung oleh rumah sakit terkait yang menjadi peserta dalam workshop tersebut. Dan biasanya rumah sakit yang menjadi peserta dalam kegiatan workshop yang diadakan oleh MUKISI menginginkan untuk melanjutkan menjadi rumah sakit syari’ah. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here