Mukisi.com-Olahraga Yoga, semakin  dikenal. Apalagi, beberapa artis yang menjadi public figure juga melakukannya. Pun demikian dengan umat Islam, tak sedikit yang menggandrunginya. Beberapa pendapat membolehkannya dengan syarat, namun sebagian besarnya mengharamkannya.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) Asrorun Niam dalam detik.com mengatakan, fatwa yoga sudah ada sejak 2009 lalu. Menurut Niam, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang dihasilkan dalam ijtima ulama.

Pertama, yoga haram bila merupakan murni ritual dan spiritual agama lain. Kedua, yoga juga haram bila mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain. Ketiga, yoga mubah (boleh), bila murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan.

Senam Yoga, jika melansir dari metafisis.net, adalah meditasi dalam gerak. Sebab dalam melakukan gerakan yoga juga pikiran kita dilatih untuk tenang dan khusyuk dengan selalu mengiringinya dengan bacaan-bacaan khusus disertai dengan menghadirkan hati dan kekhusyu’an.

Memusatkan pikiran dan konsentrasi, atau melihat pada objek gambar tertentu. Setelah melakukannya, biasanya mereka merasakan sensasi yang berbeda.

Sementara itu dikatakan oleh Ustadz Ammi Nur Baits, Alumni Madinah International University, Jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh. Bahwa dengan berbagai pertimbangan, tidak boleh bagi seorang muslim melakukan senam yoga sama sekali. Baik karena latar belakang aqidah, atau sebatas ikut-ikutan, atau untuk mendapatkan manfaat berupa ketenangan yang sifatnya dugaan.

Beberapa pertimbangan ustadz yang juga menjabat sebagai dewan pembina berbagai konsultasi syariah tersebut antara lain, yoga bersinggungan dengan aqidah tauhid, ada upaya mendekatkan diri kepada selain Allah, atau minimal membangun keyakinan menyimpang.

“Ritual ini juga dilakukan dengan mengikuti aktivitas matahari. Yang ini sama persis seperti ibadahnya orang kafir, seperti yang ada pada agama Shinto,” paparnya.

Kemudian ia menukil hadist riwayat Abu Daud 4033, bahwa “Siapa yang meniru satu kaum maka dia bagian dari kaum itu…”.

“Kegiatan ini meniru ritual orang pagan, penyembah berhala. Sementara Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan kita dalam hadist tersebut,” imbuhnya.

Kini di Indonesia, gerakan yoga sudah banyak mengalami perubahan. Aktivitasnya lebih ditekankan pada olah tubuh melalui pernafasan dan gerakan-gerakan tubuh tanpa aktivitas spiritual agama tertentu.

Oleh karenanya bagi beberapa muslim yang memiliki keyakinan bahwa melakukan yoga murni untuk menjaga kesehatan, maka dipersilakan selama tidak melanggar syariat serta tidak dikaitkan dengan keyakinan. Namun untuk bisa sehat, yoga bukanlah satu-satunya jalan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here