Mukisi.com-Gerakan-gerakan yang ada dalam sholat ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Rasulullah pun sholat secara tuma’ninah dan sempurna, beliau ialah pemimpin yang sehat lagi kuat. Lalu bagaimana sholat sempurna itu? Apa manfaatnya bagi kesehatan?

Pada saat takbiratul ikhram, ketika seseorang berdiri tegak dengan sempurna, lalu mengangkat kedua tangan sejajar telinga, dan melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah, akan memperlancar aliran darah. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar.

Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah dapat menghindarkan sesedari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Begitu juga pada saat rukuk, kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang akan terjaga. Sebagaimana yang dilansir dari hellosehat, lewat gerakan rukuk yang sempurna  (kepala lurus dengan tulang belakang), akan mengurangi risiko terkena cedera atau sakit di punggung dan pinggang berkurang. Lewat rukuk pula, kemih akan terlatih mencegah gangguan prostat.

Gerakan lain, yaitu sujud, tim dokter hellosehat mengatakannya berpengaruh membuat darah yang kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak dan mempengaruhi daya pikir seseorang. Asalkan sujud tersebut dilakukan secara sempurna. Yaitu menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.

Menurut Penelitian, Rajin Beribadah bisa Hidup Lebih Lama

Harold Koenig, MD, profesor obat dan psikiater dari Duke memaparkan dalam WebMD.com, bahwa orang-orang yang rajin ibadah dapat hidup lebih lama dan juga lebih sehat. “Mereka terlihat tidak atau sangat jarang merokok dan minum-minum,” paparnya.

Penulis Handbook of Religion and Health itu uga mengatakan, orang-orang yang lebih religius lebih jarang mengalami depresi. “Dan ketika mereka merasa depresi, mereka bisa sembuh dengan cepat dari depresi tersebut. Itu bisa memiliki konsekuensi bagi kesehatan fisik dan kualitas hidup mereka,” imbuhnya.

Kemudian studi yang dilakukan Prof. Dr. Mohammad Sholeh, Drs., M.Pd., PNI, guru besar program pascasarjana dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya, membuktikan bahwa shalat tahajjud yang dijalankan dengan gerakan tepat, rutin, dan tentu saja dengan tulus ikhlas bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian tersebut ia beri judul “Pengaruh Shalat Tahajjud Terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imunologik: Suatu Pendekatan Psikoneuroimunologi”. Prof. Sholeh menyebutkan, bahwa penelitian yang dilakukannya tahun 2000 tersebut dilakukan dalam rangka menyelesaikan studi doktoralnya di Universitas Airlangga, Surabaya.

“Jadi ini demi sebuah desertasi ,” jelas bapak dua anak ini dalam kompas.com.

Penelitian tersebut dilakukan kepada 51 siswa SMU Luqman Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah, Surabaya. “Saya minta mereka semua melakukan shalat tahajjud selama dua bulan penuh setiap hari,” jelas pria yang menyelesaikan S2 pada bidang psikologi konseling di IKIP Malang ini.

Hasilnya mengejutkan, hanya ada 19 orang yang bertahan rutin melakukan sholat tahajud secara intens dan benar. Kesembilan belas orang ini menurut Prof. Sholeh mengalami perubahan secara mendasar.

“Mereka ini yang menjalani shalat dengan tulus ikhlas, penuh dua bulan, gerakannya tepat, kekebalan tubuhnya meningkat,” jelasnya. Sementara yang tidak, perubahan secara berarti dari segi fisik maupun psikis tidak terlihat. Meningkatnya kekebalan tubuh inilah yang memungkinkan seseorang akan sulit kena penyakit dari yang sekedar infeksi sampai kanker.

Penilaian Prof Sholeh tak sembarangan, sebab ia menggunakan beberapa parameter yang diukur di tiga laboratorium (Klinika, Prodia, dan Paramita) di Surabaya demi membuat kesimpulan yang shohih ini.

Dengan mengukur kadar hormon kortisol (glukokortikoid alami utama yang dikeluarkan korteks adrenal) bisa diketahui apakah seseorang mengalami stress atau tidak. Pada mereka yang berhasil melakukan shalat tahajjud sampai dua bulan hormon ini menaik. “Ini pertanda orang tersebut ikhlas dan tidak stress,” ungkapnya.

Dengan begitu, terbukti bahwa sholat selain mampu mendatangkan ketenangan dalam diri sebab kedekatannya dengan Allah subhanahu wa ta’ala, juga mampu mendatangkan sejumlah manfaat kesehatan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here